Miss Indonesia 2019: Ani Yudhoyono Sosok Kartini Modern

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Juni 2019 - 15:45 WIB
Miss Indonesia 2019: Ani Yudhoyono Sosok Kartini Modern

Miss Indonesia 2019 Princess Megonondo mengaku sangat kehilangan dengan sosok Ani Yudhoyono yang menginspirasinya selama ini. (Foto: Dok/iNews.id/@aniyudhoyono)

DEPOK, iNews.id - Kepergian istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati atau lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono, membuat Indonesia kehilangan sosok perempuan yang menginspirasi. Itu pula yang dirasakan Miss Indonesia 2019 Princess Megonondo.

Pemilik nama lengkap Princess Mikhaelia Audrey Megonondo ini mengaku sangat terinspirasi dengan sosok Ani Yudhoyono. Menurutnya, Ibu Ani adalah sosok yang menginspirasi menjadi role model. Dia menilai, Ani Yudhoyono adalah Kartini di era modern.

"Saya turut berduka cita atas berpulangnya ibu negara ke-enam ibu Ani Yudhoyono," ujar Princess saat ditemui di kediaman keluarganya di Pabuaran, Citayam, Depok, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019).

Dia melihat, Ani Yudhoyono adalah sosok yang berhasil menjadi ibu negara di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama dua periode. Tak hanya itu, saat SBY selesai menjabat, wanita kelahiran Yogyakarta itu pun masih berkontribusi pada negara.

"Saat bapak (SBY) turun dari jabatan pun Ibu Ani masih berkontribusi pada masyarakat, terutama pada anak-anak dan perempuan. Itu yang membuat saya melihat bahwa beliau adalah sosok RA Kartini di era sekarang," kata Princess.

Dia mengaku sangat kehilangan sosok Ani Yudhoyono yang menginspirasinya selama ini. "Saya sangat kehilangan sosok beliau dan itu berdampak pada diri saya sendiri karena harus mencari lagi sosok panutan yang lain," ujarnya.

Seperti diketahui, Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura akibat kanker darah. Sebelumnya, kondisi Ani sempat menurun sehingga harus dirawat di ICU sejak Rabu, 29 Mei 2019.

Ani Yudhoyono dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019), setelah Salat zuhur.


Editor : Dani Dahwilani