Pesona Kain Nusantara Karya Ibu-Ibu UKM Hiasi Panggung Fashion Symphony

Siska Permata Sari ยท Rabu, 29 Agustus 2018 - 21:55 WIB
Pesona Kain Nusantara Karya Ibu-Ibu UKM Hiasi Panggung Fashion Symphony

JAKARTA, iNews.id - Kain Nusantara selalu menjadi daya tarik tersendiri dari Indonesia. Dengan kekayaan budaya, Indonesia memiliki ragam kain-kain Nusantara dari berbagai daerah. Ada batik khas beragam daerah hingga kain-kain tenun yang disulap menjadi karya fesyen hingga busana ready-to-wear.

Uniknya, kain-kain Nusantara ini merupakan rancangan para ibu-ibu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Jakarta Selatan menggelar fashion show bernama 'Fashion Show Symphony 2018'.

Di pergelaran fashion show ini, sekira 20 desainer yang tergabung dari komunitas tersebut menampilkan karya-karya yang terbuat dari kain Nusantara. Ada batik, kain tenun, sutra celup, dan masih banyak lagi.

"Tujuan kami menggelar fashion show 'Fashion Symphony' ini agar karya-karya para ibu-ibu UKM bisa bersaing secara nasional dan internasional," kata Julie Laiskodat, Ketua DPC IWAPI Jakarta Selatan saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Dia mengatakan, fashion show ini juga berguna sebagai strategi pasar dalam mengenalkan produk, di samping pameran dan bazar to bazar. Khusus untuk fashion show kali ini, mereka yang ikutan adalah para pengusaha yang bergerak di bidang fashion sekaligus mengenakan kain Nusantara untuk produknya.

Fashion Symphony ini sendiri telah dilaksanakan dua kali, yakni 2017 lalu dan tahun ini. Julie mengungkap, ada perubahan para pengusaha sebelum adanya fashion show tersebut.

"Tadinya mereka merasa tak bisa bersaing dengan produk lain. Sekarang,  mereka punya percaya diri, konsumen meningkat dan lebih termotivasi, lebih pede lagi. Walau ibu rumah tangga, dia bisa tampilkan produknya di hotel bintang lima," kata Julie.

Ada 20 label dari para pengusaha perempuan yang terlibat di fashion show ini. Mereka di antaranya saja Mari Berkain, Azuraa Indonesia, Nengmas Kids Batik, Saroengan, Nona, EgienMom, Semesta Gallery, House of Pipie, Roemah Katumbiri, Roemah Kebaya, KAIN, House of Shiloh, Jarit, Jani Signature, Jeany Wang, D.R.U Jawerly, Sageeta Bags, dan Sylvo Python Leather.


Editor : Tuty Ocktaviany