Selain Tina Toon, Ini Deretan Artis yang Terjun di Kancah Politik

Fajar Adityo Nugroho ยท Jumat, 22 Juni 2018 - 16:23:00 WIB
Selain Tina Toon, Ini Deretan Artis yang Terjun di Kancah Politik
Selebritis lirik dunia politik tanah air. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Bukan hal yang baru lagi para selebriti memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Meski ada yang berhasil dan ada yang tidak, namun posisi ini tetap dilirik.

Artis Tina Toon baru-baru ini dikabarkan menjadi salah satu nama yang muncul dalam daftar caleg DPRD DKI Jakarta. Wanita cantik berusia 24 tahun ini mengaku sudah lama aktif di organisasi dan bidang politik.

Di tahun ini, tercatat ada beberapa artis yang terjun di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Mereka memiliki tujuan mulia untuk menjadi pemimpin suatu daerah di Indonesia.

Siapa saja artis yang tahun ini terlibat dalam percaturan politik Indonesia? Berikut nama-nama artis yang iNews.id rangkum dari berbagai sumber.


1. Vicky Prasetyo

Keinginan untuk menjadi Wali Kota Bekasi sudah diungkapkan oleh Vicky Prasetyo tahun lalu. Dia mengumumkan kemantapannya untuk mencalonkan diri melalui akun Instagram-nya. Namun, rencana tersebut berubah dan memutuskan untuk maju sebagai calon legislatif untuk daerah pemilihan Jakarta pada Pileg 2019 nanti.

2. Andika Kangen Band

Lama tak terdengar suaranya dan mengeluarkan karya terbaru, ternyata Andika Mahesa atau biasa dikenal dengan Andika Kangen Band ini menjadi kader dari salah satu partai. Aktivitas terbarunya saat ini mengikuti acara partai yang dinaunginya dan biasa di-posting di akun Instagram-nya.

3. Nafa Urbach

Peristiwa pelecehan seksual yang menimpa anaknya membuat Nafa Urbach ingin terjun ke dunia politik. Artis cantik ini ingin memperjuangkan aspirasi, khususnya pelecehan seksual yang tak pernah tuntas penanganan kasusnya. Menurutnya, jalur politik adalah cara yang mudah untuk menyuarakan suara tersebut agar didengar. Nafa rencananya masuk sebagai Caleg di tanah kelahirannya, Jawa Tengah.

4. Bertrand Antolin

Merasa terpanggil untuk membangun bangsa Indonesia, Bertrand Antolin pun memutuskan menjadi salah satu bakal calon legislatif untuk daerah Jawa Tengah. Dalam posting-an Instagram-nya beberapa waktu lalu, aktor tampan ini mengatakan dengan terjun ke dunia politik bisa berbicara untuk kepentingan orang banyak dan berkontribusi membangun Indonesia.

5. Giring Nidji

Setelah memutuskan untuk vakum dari Nidji yang membesarkan namanya, Giring Ganesha kini terjun ke dunia politik. Dia berencana masuk ke Komisi X DPR seusia dengan bidangnya, yaitu seni. Dia ingin memberi kontribusi pada industri musik Indonesia.

6. Inggrid Kansil

Artis cantik ini dipastikan maju Pilkada Kabupaten Bogor dengan mencalonkan diri sebagai wakil bupati mendampingi Ade Ruhendi atau dikenal sebagai Jaro Ade.

7. Dedy Mizwar

Setelah terpilih sebagai Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018, aktor senior Deddy Mizwar memutuskan tahun ini maju menjadi calon Gubernur Jabar. Dia berpasangan dengan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi pada Pilgub Jabar 2018.

8. Hengky Kurniawan

Lama tak terdengar namanya, aktor tampan Hengky Kurniawan ini dikabarkan telah mendaftarkan sebagai calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat periode 2018-2023. Aktor yang juga pengusaha ini akan mendampingi Aa Umbara Sutisna pada Pilkada Bandung Barat 2018.

Sebelumnya, Hengky juga sempat bertarung di pemilihan kepala daerah Kediri dan Kabupaten Bekasi, namun semuanya gagal.


9. Adly Fairuz

Dunia politik ternyata juga dilirik oleh Adly Fairuz. Dia mendaftarkan diri pada Pilkada Kabupaten Bandung Barat 2018 melalui jalur perseorangan. Sayangnya, Adly gagal dan dinyatakan tidak lolos karena jumlah dukungannya kurang.

Gagal di Pilkada Kabupaten Bandung Barat tak membuat Adly Fairuz menyerah. Dia mencoba peruntungan baru dengan masuk daftar bakal calon anggota DPR RI pada Pemilu Legislatif 2019.

10. Nurul Arifin

Artis senior satu ini memang sudah lama terjun di dunia politik dan kiprahnya tak diragukan lagi. Pada tahun ini, Nurul maju di pemilihan Wali Kota Bandung berpasangan dengan Chairul Yaqien Hidayat.

Editor : Adhityo Fajar

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda