×
Berita Hari ini - iNews Portal

Soal Banyak Orang Titipan di BUMN, Begini Sikap Erick Thohir

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:23 WIB
Soal Banyak Orang Titipan di BUMN, Begini Sikap Erick Thohir
Soal Banyak Orang Titipan di BUMN, Begini Sikap Erick Thohir

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan ada sejumlah nama calon komisaris yang diajukan kepada dirinya. Namun, tidak banyak nama yang bisa diterima untuk ditempatkan sebagai bos di perusahaan pelat merah.

Menurutnya, orang-orang yang diangkat menjadi komisaris dan direksi adalah mereka yang memiliki kapabilitas sesuai dengan bidang yang ditempati. Langkah itu membuat sejumlah pihak kecewa. Hanya 10 persen yang diangkat menjadi pemimpin sejumlah BUMN.

“Enggak banyak yang keterima, buktinya banyak yang kecewa juga. Sesuatu yang lumrah. Mungkin yang diterima hanya 10 persen, makanya banyak yang kecewa,” ujar Erick dikutip dalam acara televisi, Kamis (6/8/2020).

Namun, Erick tidak menyebut siapa nama-nama penitip dan yang dititipkan untuk menjadi komisaris dan direksi. Dia menegaskan praktik penitipan nama-nama di lingkaran kekuasaan perusahaan menjadi hal lumrah dan kerap membudaya di dalam sistem di Indonesia. Ini menjadi proses pembelajaran politik.

Demokrasi Indonesia, lanjut Erick, banyak peran yang dilakukan sejumlah pihak mulai dari relawan, partai politik yang berkontribusi dalam proses politik harus menjadi bagian yang diakomodir selama mereka mampu memberi kontribusi bagi negara.

“Ya, tapi itu merupakan pembelajaran politik, karena suka tidak suka sistem yang ada di Indonesia seperti ini. Tidak banyak negara yang punya BUMN,” katanya.

Editor : Dani Dahwilani

Tag: bumn | menteri bumn | erick thohir | direksi bumn
ARTIKEL ORIGINAL