×
Berita Hari ini - iNews Portal

Tak Ada Penerimaan CPNS Kemenkeu dan Mahasiswa STAN hingga 2024

Suparjo Ramalan, Rina Anggraeni ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 11:43 WIB
Tak Ada Penerimaan CPNS Kemenkeu dan Mahasiswa STAN hingga 2024
Tak Ada Penerimaan CPNS Kemenkeu dan Mahasiswa STAN hingga 2024

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan akan menghentikan sementara atau moratorium penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) hingga 2024. Selain itu, penerimaan mahasiswa STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) juga dihentikan.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024.

"Proyeksi kebutuhan SDM aparatur Kementerian Keuangan untuk jangka waktu 5 tahun dihitung dan disusun secara hati-hati berdasarkan ketentuan yang berlaku, memperhatikan arah kebijakan nasional di bidang pengelolaan SDM aparatur dan kondisi existing SDM Kementerian Keuangan," tulis PMK 77/2020, Rabu (8/7/2020).

Dalam PMK itu, Sri Mulyani Indrawati menerapkan kebijakan pertumbuhan negatif untuk SDM Kemenkeu. Caranya memoratorium rekrutmen CPNS umum dan lulusan PKN STAN.

Renstra tersebut merupakan rencana kerja lima tahun ke depan yang disusun oleh seluruh eselon Kemenkeu. Mereka harus melaporkan rencana jangka menengah tersebut kepada Sri Mulyani selaku menteri keuangan. Kebutuhan SDM Kemenkeu ke depan harus melek teknologi.

"Kementerian Keuangan berupaya mewujudkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang optimal untuk mewujudkan SDM yang adaptif dan technology savy," katanya.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo membenarkan moratorium CPNS dan mahasiswa dalam renstra Kemenkeu lima tahun ke depan. "Kalau di PMK 77 memang begitu isinya," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Tag: kemenkeu | sri mulyani indrawati | cpns | STAN
ARTIKEL ORIGINAL