×
Berita Hari ini - iNews Portal

Cerita Sri Mulyani Wisuda Tanpa Kehadiran Orang Tua karena Ketiadaan Biaya

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 21 November 2020 - 18:35 WIB
Cerita Sri Mulyani Wisuda Tanpa Kehadiran Orang Tua karena Ketiadaan Biaya
Cerita Sri Mulyani Wisuda Tanpa Kehadiran Orang Tua karena Ketiadaan Biaya

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengisahkan masa wisuda saat lulus kuliah. Dari S1 hingga S3, wisudanya tak pernah dihadiri orang tua.

Sri Mulyani membagi apa yang dia alami saat itu di tengah pandemi Covid-19. di mana dimana banyak wisuda dilakukan secara virtual. Momen wisuda, kata dia, memang seharusnya menjadi puncak kebahagiaan bagi mahasiswa dan orang tua.

Dia menuturkan saat wisuda sarjana pada Agustus 1986 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, orang tuanya tak bisa hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah.

"Tentu membuat kebahagiaan wisuda menjadi tidak sempurna. Meski saya beruntung dapat foto dengan Menteri Pendidikan Fuad Hasan waktu itu," tulisnya di akun Instagram @smindrawati, Sabtu (21/11/2020).

Situasi hampir serupa terjadi saat menyelesaikan program doktor ekonomi (S3). Orang tua Sri Mulyani tak hadir.

"Wisuda saya di University of Illinois-Urbana Champaign Amerika Serikat tidak dihadiri orang tua karena ketiadaan biaya, namun alhamdulillah dihadiri suami dan putri kecilku," ucapnya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, dalam hidup seringkali kita tidak mendapatkan hal yang kita inginkan. "Namun kita selalu punya pilihan. Mau larut kecewa dan terus tidak mampu bersyukur. Atau tetap positif dan bersyukur, dan terus menjalankan hidup dengan ikhlas dan sabar," katanya.

Cerita Sri Mulyani itu baru diunggah sekitar jam 17.00 WIB. Namun, unggahan itu sudah disukai lebih dari 30.000 kali sekitar satu jam setelah diunggah.

Editor : Rahmat Fiansyah

Tag: sri mulyani indrawati | wisuda | COVID-19
ARTIKEL ORIGINAL