×
Berita Hari ini - iNews Portal

Program Tapera Wajibkan Pekerja Asing hingga Wiraswasta Bayar Iuran Peserta

Djairan ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 19:01:00 WIB
Program Tapera Wajibkan Pekerja Asing hingga Wiraswasta Bayar Iuran Peserta
Program Tapera Wajibkan Pekerja Asing hingga Wiraswasta Bayar Iuran Peserta

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menjangkau seluruh pekerja untuk menjadi peserta program Tapera. Hal ini juga termasuk warga negara asing (WNA) yang telah bekerja selama enam bulan di Indonesia.

Semua pekerja di Indonesia akan menjadi segmen peserta program Tapera dalam tujuh tahun ke depan. Hal itu dihitung sejak diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.  

“Ini merupakan tabungan wajib, bagi seluruh pekerja baik pekerja yang dipekerjakan/penerima upah, PNS, aparat, pekerja mandiri, bahkan WNA yang sudah bekerja di Indonesia selama enam bulan juga," ujar Deputi Komisioner Bidang Pengarahan Dana Tapera Eko Ariantoro, Jumat (5/6/2020).

Arianto menyebut, masih banyak di kalangan masyarakat yang bingung membedakan peserta Tapera dan penerima manfaat pembiayaan rumah. Sebab, tidak semua peserta Tapera berhak mendapatkan manfaat pembiayaan rumah murah.

“Tampaknya masih ada perbedaan pemahaman antara siapa peserta Tapera dan siapa yang merupakan penerima manfaat. Saya jelaskan, tidak semua peserta itu akan memperoleh manfaat pembiayaan perumahan,” ujar Arianto.

Adapun peserta wajib Tapera adalah semua pekerja dengan semua jenis pekerjaanya, baik itu pekerja penerima upah, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai BUMN, BUMD, BUMDes, Personel TNI-Polri, juga termasuk Wiraswasta/pekerja mandiri, bahkan WNA yang telah telah bekerja selama enam bulan di Indonesia.

Sedangkan peserta yang akan menerima manfaat pembiayaan rumah murah dari program Tapera adalah yang memiliki penghasilan maksimal Rp8 juta dan belum pernah memiliki rumah pribadi, atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Manfaat pembiayaan rumah murah nantinya dapat diajukan oleh MBR setelah melewati satu tahun masa kepesertaan, melalui berbagai pilihan bank dan lembaga pembiayaan yang ada. Tapera memberikan fleksibilitas pembiayaan dengan prinsip plafon kredit, yang ditetapkan sesuai standar minimum rumah layak huni.

Editor : Ranto Rajagukguk

Tag: bp tapera | rumah
ARTIKEL ORIGINAL