×
Berita Hari ini - iNews Portal

Hizbullah Janji Serang Israel Jika Terbukti Rancang Konspirasi Ledakan Beirut

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:10 WIB
Hizbullah Janji Serang Israel Jika Terbukti Rancang Konspirasi Ledakan Beirut
Hizbullah Janji Serang Israel Jika Terbukti Rancang Konspirasi Ledakan Beirut

BEIRUT, iNews.id - Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, berjanji akan menyerang Israel jika hasil investigasi menyatakan ledakan besar di Beirut sebagai sabotase negara Yahudi tersebut.

Dugaan penyebab ledakan besar di Pelabuhan Beirut, Lebanon, dua pekan lalu masih tanda tanya. Sejumlah negara seperti Prancis yang dua warganya tewas dalam insiden tersebut serta Amerika Serikat mendesak dilakukan penyelidikan independen.

Terdapat dua teori yang berkembang di publik mengenai penyebab ledakan amonium nitrat yang menewaskan 170 orang dan melukai lebih dari 5.000 orang sebagai kecelakaan atau sabotase.

Israel dan Hizbullah, dua nama yang sempat mencuat diduga sebagai dalang kejadian tersebut. Namun, kedua pihak telah membantah keterlibatannya.

Dalam pidato yang disiarkan televisi setempat, Nasrallah mengatakn pihaknya masih menunggu hasil penyeledikan atas ledakan Beirut. Bila nantinya, Israel terindikasi sebagai dalang tragedi tersebut maka Hizbullah tak segan-segan melancarkan serangannya ke negara Yahudi itu.

Nasrallah juga menyerukan pada Presiden Lebanon, Hassan Diab, segera membentuk pemerintahan baru setelah kabinet Lebanon bubar menyusul pengunduran diri sejumlah menteri dan Perdana Menteri.

Menurut Nasrallah gagasan pemerintahan netral di Lebanon sebagai langkah buang-buang waktu karena kekuasaan dan pengaruh didistribusikan menurut sekte agama. Oleh karena itu, dia menyarakan agar pemerintah baru dibentuk dari partai politik tradisional.

"Kami tidak yakin ada (calon) netral di Lebanon bagi kami membentuk pemerintahan (netral)," kata Nasrallah dikutip dari Aljazeera, Sabtu (15/8/2020).

"Kami menyerukan upaya untuk membentuk pemerintah persatuan nasional, dan jika tidak memungkinkan, maka pemerintah yang menjamin perwakilan seluas mungkin bagi para politisi dan pakar."

"Kami menyerukan pemerintah yang kuat, pemerintah yang cakap, pemerintah yang dilindungi secara politik," ucapnya.

Editor : Arif Budiwinarto

Tag: israel | lebanon | hizbullah | Ledakan Beirut | Hassan Nasrallah
ARTIKEL ORIGINAL