×
Berita Hari ini - iNews Portal

Muncul Kasus Baru Covid-19 di Beijing Berasal dari Salmon Impor

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 14 Juni 2020 - 01:40 WIB
Muncul Kasus Baru Covid-19 di Beijing Berasal dari Salmon Impor
Muncul Kasus Baru Covid-19 di Beijing Berasal dari Salmon Impor

BEIJING, iNews.id - China melaporan 11 kasus positif baru Covid-19, termasuk enam kasus domestik di ibu kota Beijing. Kabar ini menimbulkan kekhawatiran terjadinya gelombang kedua Covid-19.

Dilansir dari AFP, Sabtu (13/6/2020), kasus infeksi baru di China terdeteksi dari hasil pemeriksaan kesehatan pada warga negara yang kembali dari luar negeri.

Para warga tersebut kembali ke China setelah pemerintah menyatakan penyebaran Covid-19, terutama di Wuhan tempat pertama kali virus itu muncul, sudah bisa ditekan secara maksimal.

Kasus baru Covid-19 mendorong pemerintah Kota Beijing menunda kembalinya siswa ke sekolah dasar, begitu juga menunda semua acara olahraga dan pertemuan.

Pada Jumat (12/6/2020) kemarin, otoritas kota Beijing bergerak cepat dengan menutup dua pasar besar di ibu kota negeri Tirai Bambu itu setelah mendapat laporan salah seorang positif Covid-19 pernah berkunjung ke pasar tersebut.

Pimpinan Pasar Xinfadi mengatakan virus tersebut terdeteksi berasal dari blok yang digunakan untuk mengolah ikan salmon impor. Kabar tersebut mendorong jaringan supermarket terbesar di China, Wumart dan Carrefour mengeluarkan semua stok salmon impor sepanjang malam dari gudang-gudang mereka di kota Beijing.

Sampai berita ini diturunkan otoritas Beijing masih melakukan pelacakan pada orang-orang yang sempat melakukan kontak dengan 11 pasien baru Covid-19. Tak menutup kemungkinan penyebaran Covd-19 di Beijing kembali meluas setelah ditemukan kasus baru tersebut.

Saat Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, para ahli mengatakan virus tersebut pertama kali berasal dari pasar hewan liar di Wuhan. Virus bertransmisi dari hewan ke manusia, kemudian dari manusia ke manusia.

Editor : Arif Budiwinarto

Tag: china | beijing | COVID-19
ARTIKEL ORIGINAL