×
Berita Hari ini - iNews Portal

PDIP Gelar Lomba Kreativitas Mengenang Bung Karno

Antara ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:58:00 WIB
PDIP Gelar Lomba Kreativitas Mengenang Bung Karno
PDIP Gelar Lomba Kreativitas Mengenang Bung Karno

JAKARTA, iNews.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar sejumlah lomba kreativitas untuk mengenang perjuangan Presiden Soekarno. Lomba digelar bulan Juni untuk mengenang lahirnya Pancasila pada 1 Juni, kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901, dan wafatnya Bung Karno tanggal 21 Juni 1970.

Ketua DPP PDIP bidang ideologi, Djarot Syaiful Hidayat mengatakan penilaian lomba kreativitas memperhatikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari yang dibalut faktor kekinian. Salah satunya lomba vlog tentang sejarah perjuangan Bung Karno berdurasi tiga menit dengan berbagai tema.

"Contohnya vlog di lokasi bersejarah Bung Karno disertai narasi padat, jelas, singkat berdurasi tiga menit. Pelaksanaan lomba mulai hari ini sampai 25 Juni 2020, pemenang diumumkan 30 Juni 2020," kata Djarot selaku Ketua Panita Bulan Bung Karno di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Selanjutnya ada lomba video dokumenter berdurasi 5-10 menit yang memaparkan program yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat selama tiga bulan terakhir. Selain mendapat hadiah, para pemenang akan mendapatkan buku tentang Bung Karno yakni Dibawah Bendera Revolusi dan Penyambung Lidah Rakyat.

Sementara itu Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan tema yang diusung dalam lomba ini yaitu Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19. Sejumlah agenda lain juga disiapkan seperti lomba cipta lagu, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan seperti pagelaran wayang.

Menurutnya, Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri berharap peringatan Bulan Bung Karno ini bisa menginspirasi bangsa Indonesia dalam perjuangan melawan pandemi covid-19. Megawati berpesan semua proses lomba dilaksanakan secara daring.

"Kegiatan ini membuka ruang kreativitas seluas-luasnya untuk mengekspresikan gagasan, ide, pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno dalam menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa," kata Hasto.

Editor : Rizal Bomantama

Tag: bung karno | pdip
ARTIKEL ORIGINAL