×
Berita Hari ini - iNews Portal

Bill Gates: Ada 10 Kandidat Vaksin Virus Corona yang Menjanjikan

Dini Listiyani ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 12:05:00 WIB
Bill Gates: Ada 10 Kandidat Vaksin Virus Corona yang Menjanjikan
Bill Gates: Ada 10 Kandidat Vaksin Virus Corona yang Menjanjikan

SAN FRANCISCO, iNews.id - Bill Gates terus mendorong pengembangan vaksin corona. Di antara lebih dari 100 vaksin yang sedang dikembangkan, setidaknya delapan hingga 10 menarik perhatian Bill Gates.

Pendiri Microsoft Bill Gates menggelontorkan dana ratusan juta dolar untuk mengembangkan vaksin melalui organisasi filantropinya, Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan sejauh ini telah berjanji menyiapkan dana 250 juta dolar untuk memerangi virus corona. 

Bahkan, Gates baru-baru ini mengumumkan organisasinya berencana mendedikasikan seluruh sumber dayanya untuk pandemi. Dalam postingan blog belum lama ini, Gates menjabarkan proses untuk mengembangkan dan mendistribusikan vaksin. 

Dia menulis vaksin kemungkinan akan memakan waktu sekitar 18 bulan untuk berkembang. Meskipun dia menambahkan, vaksin bisa memakan waktu paling cepat 9 bulan.

“Pada 9 April, ada 115 kandidat vaksin Covid-19 yang berbeda dalam pengembangan. Saya pikir delapan hingga 10 dari mereka terlihat menjanjikan,” kata Gates yang dikutip dari Business Insider, Sabtu (2/5/2020).

Gates mengatakan para kandidat yang menjanjikan mengambil berbagai pendekatan untuk melindungi tubuh terhadap Covid-19. Dia menjelaskan ada dua jenis utama vaksin yakni tidak aktif dan hidup. 

Vaksin yang tidak aktif mengandung patogen versi mati yang diinginkan. Sedangkan vaksin hidup mengandung dosis yang lebih kecil tapi tetap hidup. 

Gates menggambarkan metode ini sebagai tradisional dan dapat diandalkan. Tapi, Gates menambahkan mereka membutuhkan banyak sumber daya dan lambat untuk berkembang.

“Saya sangat senang dengan dua pendekatan baru yang diambil beberapa kandidat: vaksin RNA dan DNA. Daripada menyuntikkan antigen patogen ke dalam tubuh, Anda malah memberikan kode genetik yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan antigen itu sendiri. Saat antigen muncul luar sel, sistem kekebalan tubuh Anda menyerang mereka dan belejar bagaimana cara mengalahkan penyusup di masa depan. Anda pada dasarnya mengubah tubuh sendiri menjadi unit pembuat vaksin,” ujarnya. 

Meskipun Gates Foundation telah meneliti vaksin RNA selama hampir satu dekade, mereka belum berhasil membawanya ke luar. “Karena Covid akan menjadikan vaksin RNA pertama yang keluar dari gerbang, kita harus membuktikan platform ini berfungsi dan menciptakan kekebalan,” katanya.

Editor : Dini Listiyani

Tag: bill gates | microsoft
ARTIKEL ORIGINAL