Infografis Media China Rilis 3 Skenario Serang Taiwan

Anton Suhartono ยท Minggu, 04 Juli 2021 - 17:47:00 WIB
Infografis Media China Rilis 3 Skenario Serang Taiwan

Infografis Media China Rilis 3 Skenario Serang Taiwan, dari Serangan Rudal sampai Pesawat Pengebom. (Infografis: Madeprisni)

LONDON, iNews.id - Presiden Xi Jinping saat perayaan 100 tahun Partai Komunis China berjanji akan merebut atau menyatukan kembali Taiwan. Itu bukan kali pertama disampaikan Xi, menandakan China semakin maju untuk merebut kembali wilayah dipimpin presiden perempuan Tsai Ing Wen itu.

Baru-baru ini majalah bulanan pemerintah China Naval and Merchant Ships menerbitkan artikel berisi tiga tahap atau skenario untuk merebut kembali Taiwan. 

Tahap pertama yakni melakukan serangan rudal balistik jarak pendek DF-16 guna menghancurkan bandara, radar peringatan dini, basis rudal pertahanan, serta pusat komando di seluruh Taiwan.

"Serangan terhadap bandara Taiwan akan berlanjut sampai pasukan Daratan (China) merampungkan pendaratan," bunyi artikel, seperti dilaporkan kembali The Sun.

Setelah itu, pesawat pengebom H-6 dan jet tempur J-16 menyerang pelabuhan Angkatan Laut. Ini membuka jalan bagi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) untuk menggunakannya sebagai tempat pendaratan.

Lalu pada tahap kedua, sebagaimana diungkap artikel, rudal jelajah YJ-91 dan CJ-10 diluncurkan dari darat, kapal perang, dan kapal selam untuk melumpuhkan pangkalan militer, gudang amunisi, infrastruktur komunikasi, bahkan jalan-jalan utama di kota.

Setelah itu China akan mengirim drone untuk memantau dari udara kerusakan yang ditimbulkan.

Setelah dianalisis sampailah pada tahap terakhir, kapal perang dan pasukan roket darat menghancurkan rintangan yang tersisa sehingga marinir dan pasukan pendaratan amfibi bisa menjangkau dengan aman.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: