Jokowi Kerucutkan 5 Nama Cawapres, Ini Tebakan Sejumlah Pihak

iNews Sore ยท Kamis, 12 Juli 2018 - 19:24 WIB

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan lima nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019. Namun, lima nama itu masih akan digodok untuk mendapat persetujuan partai koalisi pengusungnya.

Usai pertemuan empat mata dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Jokowi mengaku telah mengerucutkan lima dari sepuluh daftar nama bakal cawapresnya.

Kendati demikian, hingga kini Jokowi masih enggan mengungkapkan siapa kelima nama tersebut. Bagi Jokowi, yang penting adalah penguatan bangunan koalisi partai pengusung dalam kontestasi Pilpres April 2019 mendatang.

Meski belum diumumkan, sejumlah pihak berusaha menebak lima nama itu. Sejumlah nama muncul, yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, eks Ketua MK Mahfud MD, Menkeu Sri Mulyani, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Meski namanya disebut-sebut masuk dalam lima besar, Mahfud MD mengaku belum ada komunikasi baik dengan Jokowi, maupun partai-partai pengusungnya.

PDIP sendiri masih terus mencermati nama-nama yang muncul dalam bursa cawapres Jokowi, baik Mahfud MD, Moeldoko hingga Tuan Guru Bajang (TGB)

Video Editor: Khoirul Anfal

Editor : Dani Dahwilani