Highlights Final AFF U-16 Indonesia Vs Thailand

iNews ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 13:07 WIB

SIDOARJO, iNews.id - Tim nasional Indonesia U-16 menang adu penalti 4-3 atas Thailand U-16, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal pada babak final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam. Hasil ini menjadikan Timnas U-16 juara Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya.

Timnas U-16 tampil menyerang di tiga menit pertama. Mochammad Supriadi melepaskan tembakan mendatar ke gawang tim asuhan Thongcai Rungreangleas itu. Tetapi, usahanya masih terlalu lemah sehingga bisa ditangkap oleh Kiper Thailand Anuchid Taweesri.

Di menit ke-29, tim asuhan Fachry Husaini itu nyaris menjebol gawang Thailand. Kali ini, Supriadi yang dapat menembus pertahanan lawan dan memasukkan bola ke gawang kawalan Taweesri. Namun, gol itu dianulir karena wasit menganggap sang pemain dalam posisi offside.

Indonesia akhirnya memimpin pertandingan di menit ke-33. Andre Oktaviansyah memberikan umpan lambung dari tengah lapangan. Bola pun menuju Fajar yang langsung menyambarnya dengan tendangan first-time.

Tawesri yang maju ke depan untuk menutup ruang tembak Fajar Fathur Rachman, telat selangkah dan harus rela melihat gawangnya jebol. Gol itu membuat timnas Indonesia memimpin hingga akhir babak pertama.

Begitu babak kedua dimulai, agresivitas timnas U-16 tak berkurang. Di menit ke-51, Fajar memberikan umpan yang matang ke kotak penalti. Tetapi, bek Thailand membuang bola sebelum skuat Garuda Asia bisa menyelesaikan serangan.

10 menit kemudian, Thailand berusaha untuk menyerang balik. Namun, serangan mereka dinyatakan offside sebelum bisa melepaskan tembakan.

Thailand akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-72. Apidet Janngam yang bebas tanpa penjagaan, menerima umpan silang dari rekannya dan mencetak gol. Akibat dari gol itu, pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan, seluruh penendang dari Timnas U-16 sukses menceploskan bola. Kiper Timnas U-16 Ernando Ari Sutaryadi membuktikan kualitasnya dengan menahan tendangan Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet untuk memastikan kemenangan.

Video Editor: Khoirul Anfal

Editor : Dani Dahwilani