Aksi Relawan Pungut Sampah Plastik di Perhelatan Asian Games

Dani M Dahwilani ยท Senin, 03 September 2018 - 21:14 WIB
Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Di tengah kesuksesan penyelanggaraan Asian Games 2018 dan keberhasilan kontingen Indonesia meraih prestasi gemilang, ada sejumlah pihak yang turut menjadi pahlawan. Mereka adalah relawan kebersihan.

Para relawan yang diberi nama #KontingenKebaikan ini dimotori Indorelawan. Mereka mengkampanyekan pentingnya memilah sampah plastik dan membuangnya di tempat yang benar, serta mengajak pengunjung bijak dalam menggunakan plastik. Hal ini juga dilakukan guna mendukung Program #BijakBerplastik.

#KontingenKebaikan yang telah dicanangkan sejak Juli 2018 lalu ini merupakan gerakan mengajak seluruh masyarakat Indonesia melaksanakan nilai-nilai budaya Indonesia dan menunjukkan kepada negara lain jati diri bangsa Indonesia dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik,

Selama perhelatan event olahraga terbesar di dunia setelah olimpiade tersebut, hampir semua venue pertandingan selalu bersih dari sampah terutama plastik. Hal ini tidak lepas dari kerja keras para relawan yang bekerja menjaga kebersihan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, JIExpo Kemayoran Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang.

Sampah-sampah plastik yang dikumpulkan relawan #KontingenKebaikan dikumpulkan, kemudian didaur ulang kembali pada Recycling Business Unit (RBU) Danone Aqua di Tangerang Selatan untuk diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Hingga hari ke-15, penyelenggaraan Asian Games 2018, #KontingenKebaikan telah menyebarkan 3.000 kantong plastik sampah organik yang terbuat dari sagu untuk digunakan para relawan dan pengunjung untuk mengumpulkan sampah, serta telah mengumpulkan sekitar 15.000 kg sampah plastik.

Untuk terus mengenang pentingnya kebaikan masyarakat Indonesia, Aqua menyelenggarakan kompetisi foto bertema ‘Kebaikan’ selama Asian Games diselenggarakan. Foto-foto peserta kompetisi akan dipamerkan di tempat punlim agar masyarakat bosa melihat dan mengenang kebaikan bangsa Indonesia dalam memeriahkan Asian Games 2018.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutan upacara penutupan Asian Games secara khusus memberikan apresiasi kepada para relawan yang telah bekerja dengan segenap ketulusan hati. Relawan #Kontingenkebaikan merupakan salah satu yang turut menyemarakkan Asian Games melalui gerakan bersih-bersih di lokasi Asian Games.

Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, apresiasi dari orang nomor dua di Indonesia ini menjadi sesuatu yang membanggakan bagi para relawan. Selama pesta olah raga terbesar di Asia ini, Aqua bekerja sama dengan Indorelawan meluncurkan #KontingenKebaikan yang diikuti 4.000 relawan yang aktif mengumpulkan sampah plastik selama perhelatan Asian Games.

"Berbagai aksi yang dilakukan oleh #KontingenKebaikan selama berlangsungnya Asian Games 2018 dengan memungut sampah botol plastik sejalan dengan dengan komitmen #BijakBerplastik Danone Aqua," kata Arif.

Aqua juga ikut memeriahkan perjalanan api obor Asian Games (torch relay). Di mana Presdir Tirta Investama Corine Tap menjadi salah satu pembawa obor. "Presiden Direktur Tirta Investama Corine Tap bahkan turut menjadi  salah satu pembawa obor di Jakarta," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani