Dolar AS Meroket, Sejumlah Mahasiswa Gelar Aksi Bela Rupiah

iNews · Sabtu, 15 September 2018 - 14:21 WIB

JAKARTA, iNews.id - Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia menggelar aksi bela rupiah di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, Jakarta. Akibat aksi itu, menyebabkan arus lalu lintas di sekitar kantor Kemenkeu tersendat.

Dalam aksinya, mereka menilai pemerintah tidak mampu menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Mahasiswa berharap pemerintah segera menstabilkan kondisi perekonomian Indonesia.

Sedangkan, aksi unjuk rasa yang dilakukan himpunan mahasiswa Islam Semarang, Jawa Tengah (Jateng) di kantor gubernur Jateng berujung ricuh. Puluhan mahasiswa terlibat bentrok dengan petugas.

Petugas membubarkan mahasiswa dengan menyemprotkan alat pemadam kebakaran. Massa akhirnya membubarkan diri dan berencana membuat aksi unjuk rasa yang lebih besar lagi.

Hal serupa juga terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa islam cabang Gowa Raya berunjuk rasa di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Mahasiswa terlibat aksi saling dorong dan kejar-kejaran dengan aparat kepolisian.

Kericuhan bermula saat sejumlah mahasiswa hendak menyandera paksa sejumlah truk yang melintas. Mahasiswa mendesak pemerintah Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) agar memperbaiki nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Video Editor : Mu'arif Ramadhan

Editor : Dani Dahwilani