KPU Lakukan Uji Publik Desain Surat Suara Pemilu 2019

iNews ยท Sabtu, 15 September 2018 - 17:47 WIB

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan uji publik desain surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 di gedung KPU, Jakarta Pusat. Acara tersebut dihadiri partai politik peserta pemilu, perwakilan LSM, dan pemerhati pemilu.

Dalam rancangan baru itu, terdapat perubahan desain surat suara pemilu presiden. Desain terbaru nantinya menampilkan logo partai pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden. Sementara pada pemilu sebelumnya hanya tercantum foto pasangan calon presiden dan wakilnya.

Ukuran surat suara Pilpres 2019 pun berbeda. Jika pada Pilpres 2014 surat suara dibuat dalam ukuran 18x23 centimeter, maka Pilpres 2019 berukuran 18x28 centimeter atau lima centimeter lebih panjang dari sebelumnya.

Sementara untuk bagian depan surat suara pemilihan legislative tidak ada perubahan warna dan ukuran. Untuk DPR berwarna kuning, DPD berwarna merah, DPRD Provinsi berwarna biru muda, DPRD kabupaten dan kota berwarna hijau, sementara Pilpres berwarna hitam.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan sebagian parpol yang mengikuti uji publik tidak mempermasalahkan desain yang ditawarkan KPU. Namun, sejumlah parpol tetap memberikan masukan dengan harapan surat suara pemilu mengurangi potensi kesalahan dan kerusakan penyoblosan.

Video Editor : Mu'arif Ramadhan

Editor : Dani Dahwilani