2.800 Ton Limbah Cemari Sungai Citarum, Pemerintah dan Warga Dituntut Peduli

iNews ยท Kamis, 16 Agustus 2018 - 16:20 WIB

BANDUNG, iNews.id - Berbagai upaya dilakukan sejumlah pihak untuk kembali menjadikan Sungai Citarum bersih. Namun, pemulihan belum juga membuahkan hasil. Lemahnya penegakan hukum serta rendahnya kesadaran warga membuat limbah terus mencemari sungai. Padahal, Sungai Citarum menjadi sumber pembangkit listrik dan irigasi bagi jutaan petani.

Memulihkan Sungai Citarum di Bandung, Jawa Barat bukanlah perkara mudah. Pencemaran sungai tersebut sudah berlangsung sejak puluhan tahun. Ketidakpedulian pemerintah serta warga setempat menjadi salah satu faktor utama sulitnya membersihkan Sungai Citarum.

Tak hanya dari kalangan industri, para peternak sapi di wilayah Lembang, Bandung, juga membuang kotoran ke Sungai Citarum. Limbah berupa kotoran sapi dibuang langsung ke aliran sungai. Darmawan salah seorang peternak sapi mengaku terpaksa membuang kotoran ke sungai lantaran tidak ada pilihan lain.

Diketahui, di sepanjang aliran Citarum dihuni sekitar 18 juta jiwa yang mayoritas limbah rumah tangganya dibuang ke sungai. Diperkirakan ada 2.800 ton limbah industri yang dibuang ke sungai setiap harinya.

Selain tekad yang kuat dari pemerintah setempat, diperlukan juga kesadaran warga agar tidak membuang limbah ke Sungai Citarum, sehingga upaya pemulihan bisa dilakukan secara tuntas.

Video Editor: Khoirul Anfal

Editor : Dani Dahwilani