Cara Mengolah Mie Tumis Aceh ala Chef, Masakan yang Tren di 2019

Siska Permata Sari ยท Minggu, 09 Desember 2018 - 10:01 WIB

JAKARTA, iNews.id - Masakan khas Aceh diprediksi menjadi tren di 2019. Salah satunya adalah mie Aceh yang sudah terkenal dan telah ada di berbagai restoran di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta.

"Kita lihat tahun 2019, kita melihat halal food sedang naik. Saya prediksi, makanan Aceh akan baik (perkembangannya) ke depannya," kata Vice President Indonesian Chef Association (ICA) Hendri Syamsul yang menjadi salah satu konsultan restoran di Indonesia, ditemui iNews.id di Teh Tarik Aceh, Cipete, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Alasannya, kata Hendri, masakan Aceh memiliki karakter kuat pada rasa rempah-rempahnya dan menawarkan rasa asam-pedas yang berbeda dengan kuliner Indonesia, terutama Sumatera yang terkenal dengan masakan pedasnya.

Salah satu kuliner yang paling terkenal dari Aceh adalah mie Aceh. Ini adalah sajian mie kuning tebal khas Aceh yang disajikan dengan bumbu kari gurih pedas. Biasanya, mie kuning ini ditumis atau digoreng bersamaan dengan irisan daging sapi, telur acak, daging ayam atau kambing. Mie Aceh ini juga disajikan dalam dua jenis, yakni kuah dan goreng.

Kali ini, Chef Hendri mempraktikkan cara membuat mie tumis Aceh di restoran Teh Tarik Aceh Cipete. Bahan-bahannya untuk membuat mie tumis Aceh di antaranya mie kuning khas Aceh, daging (bisa menggunakan kambing atau sapi), bumbu-bumbu rempah sejenis kari untuk kuahnya, serta bumbu-bumbu pelengkap seperti cabai, bawang merah, lada, daun bawang, kubis, jintan putih, kapulaga, taoge, jintan, bunga lawang, dan bawang putih.

Video Editor: Mu'arif Ramadhan
Cameraman: Irfandi

Editor : Tuty Ocktaviany