Pasar Bolu di Toraja, Jual Kerbau hingga Rp1 Miliar

Geopark Indonesia, iNews, Ramdan Malik ยท Sabtu, 15 Desember 2018 - 18:38 WIB

TORAJA UTARA, iNews.id - Kerbau merupakan hewan yang sangat penting dalam upacara kematian Suku Toraja. Bahkan, sebelum uang dipakai sebagai medium transaksi dagang, kerbau telah menjadi alat pembayaran maupun penukaran barang di Toraja.

Pasar Bolu di Ibu Kota Toraja Utara, Rantepao, terkenal sebagai tempat penjualan kerbau. Kerbau saleko yang termahal, harganya bisa mencapai Rp1 milliar. Cirinya bertanduk kuning, ada lingkaran putih di bola mata, serta kulit berwarna kombinasi hitam dan putih.

Sedangkan kerbau balian yang bertanduk lebar harganya ratusan juta rupiah. Kerbau sokko yang tanduknya mengarah ke bawah juga termasuk kerbau langka nan penting dalam upacara kematian orang Toraja. Semakin langka kerbau yang dikorbankan, kian tinggi strata sosial jenazah yang dimakamkan.

Selain menjual aneka kerbau, Pasar Bolu pun menarik sejarahnya. Ketika bernama Pasar Kalambe pada abad ke-17, tempat ini menjadi pusat perdagangan terbesar di Toraja. Di samping saksi bisu perdagangan kopi, dari pasar ini budak dikirim sampai ke Siam atau Thailand sekarang.

Video Editor: Mu’arif Ramadhan

Editor : Dani Dahwilani