Terungkap Fakta Baru Penyebab Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan

iNews Pagi ยท Rabu, 18 April 2018 - 12:16 WIB

BALIKPAPAN, iNews.id - Sejumlah fakta baru terkait hasil investigasi kasus tumpahan minyak mentah di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur terungkap.

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut atau Pushidrosal, Laksda TNI Harjo Sumoro menyatakan secara resmi hasil investigasi kasus tumpahan minyak mentah di Teluk Balikpapan yang dilakukan sejak 5 April 2018.

Tim Pushidrosal menduga penyebab patahnya pipa kemungkinan akibat hantaman jangkar dari kapal MV Ever Judger karena sebelum kejadian kapal MV Ever Judger merupakan satu-satunya kapal yang melintas dan berhenti di lokasi patahan pipa.

Tercatat kapal MV Judger yang mengangkut 22 awak berkebangsaan China memasuki perairan Indonesia pada 30 Maret 2018 sekitar pukul 22.30 WITA dan berhenti tepat di posisi pipa penyalur minyak mentah PT Pertamina (Persero) yang patah.

Fakta baru berupa keterangan sebagai tim ahli berdasarkan catatan hidrografi hasil investigasi yanf akan diserahkan kepada penyidik Ditreskrimum Polda Kalimatan Timur.

 

Video Editor: Teza Ramananda.

Editor : Dani Dahwilani