TOP 5, Anies Baswedan Keluarkan Pergub Larangan Keluar Masuk Jakarta & Tanah Abang Ramai meski PSBB

Wahyu Triyogo ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 19:33 WIB

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona virus disease 2019 (Covid-19). Pergub ini mengatur larangan keluar/masuk Jakarta di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Pergub yang diteken Anies pada Kamis (14/5/2020) tersebut, dimaksudkan untuk mencegah dan menangkal penyebaran Covid-19 baik di dalam maupun luar DKI Jakarta, yang dapat berpotensi menimbulkan kasus baru. Kemudian, membatasi kegiatan pergerakan orang keluar dan/atau masuk Jakarta.

Terhadap pelanggaran ini akan dikenakan sanksi. Kendati demikian, larangan ini memiliki sejumlah pengecualian. Larangan tidak berlaku bagi warga yang memiliki KTP elektronik (KTP-el) Jabodetabek. Topik inilah yang paling menyita perhatian pembaca dan menempati posisi pertama iNews.id TOP 5.

Sementara dalam pelaksanaan PSBB, warga di sejumlah kota seperti Jakarta, Bogor dan Bandung justru memadati pasar untuk berbelanja kebutuhan pangan dan pakaian jelang Lebaran. Dan, berita ini menempati posisi kedua TOP 5.

Di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dipadati pedagang kaki lima (PKL) dan pembeli, Senin (18/5/2020). Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menetapkan kebijakan PSBB dalam rangka mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19).

Di kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, juga dipadati warga yang ingin berbelanja kebutuhan Lebaran meskipun Pemerintah Kota Bogor sedang menerapkan PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Lalu, warga juuga berbelanja kebutuhan pangan di salah satu pasar tradisional, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Warga mulai ramai berbelanja langsung di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung guna menambah stok kebutuhan pangan jelang Lebaran, meskipun masa PSBB Kota Bandung diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Kemudian posisi ketiga, ada berita dari tanah suci Makkah, di mana dua Masjid Suci, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, ditutup dua bulan lebih untuk mencegah penyebaran virus corona. Bahkan di bulan Ramadan, waktu di mana dua masjid tersebut biasanya dipadati jemaah untuk beribadah dan iktikaf, kini sepi, meninggalkan segelintir umat Islam yang tetap memamkmurkannya.

Duta Besar Arab Saudi untuk PBB Abdullah bin Yahya Al Muallimi menegaskan, keputusan ini juga menunjukkan Islam menempatkan nyawa dan kesehatan sebagai prioritas. Muallimi menambahkan, peniadaan salat berjamaah di bulan Ramadan, seperti tarawih, di dua masjid suci merupakan yang pertama kali sejak beberapa abad.

Posisi empat, terkait penangkapan kembali Habib Bahar bin Smith oleh polisi. Dia ditangkap pada Selasa (19/5/2020) sekitar pukul 02.00 WIB karena melanggar asimilasi.

"Ya, yang bersangkutan dikembalikan ke lapas Gunung Sindur. Saat diamankan, dia dijemput petugas lapas dan kalapas didampingi petugas kepolisian Bogor," kata Kadiv Pas Kemenkumham Jawa Barat, Abdul Haris.

Kemudian posisi kelima iNews.id TOP 5, soal bocah penjual jalangkote di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat bullying dari sejumlah pemuda viral di media sosial, Minggu (17/5/2020). Saat ini, para pelaku bullying telah diamankan Polres Pangkep. Pascakejadian tersebut, Rizal (12) menuai simpati dari berbagai kalangan, bahkan sejumlah bantuan mengalir untuk bocah tersebut. Sebaliknya, para pelaku menuai kecaman dari netizen atas perbuatan yang tidak terpuji itu.

Video Editor: Mochamad Nur

Editor : Tuty Ocktaviany