1 Miliar Anak Lebih di Seluruh Dunia Terdampak Penutupan Sekolah akibat Pandemi Covid-19

Anton Suhartono ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:52 WIB
1 Miliar Anak Lebih di Seluruh Dunia Terdampak Penutupan Sekolah akibat Pandemi Covid-19

Antonio Guterres (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Lebih dari 1 miliar anak di seluruh dunia mengalami dampak pandemi virus corona. Mereka terpaksa belajar dari rumah atau diliburkan akibat sekolah mereka ditutup.

Sekjen PBB Antonio Guterres, dalam pesan videonya dari Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (4/8/2020), mengatakan, pandemi menyebabkan gangguan terbesar sektor pendidikan sepanjang sejarah. Lebih dari 160 negara menutup sekolah-sekolah mereka pada pertengahan Juli 2020.

Guterres menambahkan, setidaknya 40 juta anak di seluruh dunia tak bisa mengenyam pendidikan pra-sekolah, masa-masa kritis bagi mereka untuk mendapatkan pengajaran.

Dia memperingatkan dunia menghadapi bencana generasi yang menyebabkan hilangnya potensi sumber daya manusia secara sia-sia dan tak terhitung. Guterres juga menyebut dampak dari kondisi ini bisa melemahkan kemajuan SDM selama beberapa dekade serta semakin memperburuk ketidaksetaraan.

"Kita berada pada momen yang menentukan bagi anak-anak dan remaja di dunia," kata Guterres, seperti dikutip dari Associated Press.

"Keputusan yang diambil pemerintah dan mitra saat ini akan berdampak abadi pada ratusan juta anak muda, serta terhadap prospek pembangunan negara selama beberapa dekade mendatang," ujarnya, menambahkan.

Guterres pun menyerukan agar pemerintah segera membuka kembali sekolah-sekolah setelah berhasil mengendalikan wabah Covid-19.

Editor : Anton Suhartono