15.000 Warga Israel Peringati Minggu Palem di Yerusalem

Nathania Riris Michico ยท Senin, 15 April 2019 - 09:05 WIB
15.000 Warga Israel Peringati Minggu Palem di Yerusalem

Warga Kristiani di Israel memegang lilin dan daun palem selama misa Minggu Palem di dalam Gereja Makam Suci, yang secara tradisional dipercaya oleh banyak orang sebagai tempat penyaliban dan penguburan Yesus, di Kota Tua Yerusalem, saat Minggu Palem.

YERUSALAM, iNews.id - Ribuan jemaat Kristiani ikut ambil bagian dalam perayaan Minggu Palem di Yerusalem, yang sekaligus menandai dimulainya Pekan Suci.

Dilaporkan Associated Press, Senin (15/4/2019), jemaat membawa daun palem dan ranting zaitun, dan berbaris dari puncak Bukit Zaitun menuju ke Kota Tua Yerusalem. Polisi Israel menyatakan sekitar 15.000 orang ikut dalam prosesi itu.

Minggu Palem memperingati masuknya Yesus ke Yerusalem dan merupakan awal minggu suci yang paling khusyuk bagi gereja, hingga hari Jumat Agung. Jumat Agung merupakan hari di mana Yesus disiksa dan disalib di Bukit Golgota atau Bukit Kalvari.

Dalam pekan yang juga disebut Minggu Palma ini, kerap dilakukan pementasan yang menunjukkan penyaliban Yesus Kristus dan momen kebangkitannya pada Hari Paskah.

Proses perjalanan dari Bukit Zaitun itu melewati Taman Getsemani, yang menurut Injil merupakan tempat di mana Yesus dikhianati, dan kemudian akhirnya ke jalan-jalan kecil di Kota Tua Yerusalem.

Peringatan kematian Yesus jatuh pada Rabu (17/4) besok dan kebangkitannya, yakni Hari Paskah, akan dirayakan seluruh umat Kristiani di dunia pada Minggu (20/3).

Editor : Nathania Riris Michico