24 Hari Pemerintah AS Shutdown: Ini Kantor Federal yang Buka dan Tutup

Nathania Riris Michico ยท Senin, 14 Januari 2019 - 10:27 WIB
24 Hari Pemerintah AS Shutdown: Ini Kantor Federal yang Buka dan Tutup

Warga memprotes penutupan pemerintahan AS yang sudah berlangsung selama 4 pekan. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Sebagian operasi pemerintahan federal Amerika Serikat (AS) ditutup atau shutdown sejak 22 Desember 2018, karena tidak adanya kesepakatan antara Kongres dan Presiden Trump soal dana pembangunan tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Sekitar 800.000 karyawan federal dan beberapa layanan pemerintah di seluruh AS terdampak dari penutupan ini. Berikut kantor-kantor yang yang ditutup dan tetap buka selama shutdown ini.

Badan Federal dan Layanan Masyarakat yang Tutup

1. Taman-taman Nasional, Tempat-tempat Bersejarah dan Monumen

Situs web National Parks Service (NPS) menyatakan, 388 dari 737 taman, situs bersejarah, dan monumen nasional yang mereka kelola, ditutup. Yang tetap buka terpaksa beroperasi dengan staf terbatas dan menutup akses ke berbagai fasilitas taman, termasuk toilet.

Di Taman Nasional Yellowstone yang sebagian besar berlokasi di Wyoming, perusahaan wisata swasta melakukan beberapa pemeliharaan. Hal ini memungkinkan mereka untuk terus beroperasi sepanjang musim dingin.

Baca juga: Taman-taman Nasional AS Berjuang Tetap Beroperasi di Tengah 'Shutdown'

Beberapa negara bagian mendanai taman nasional mereka agar tetap terbuka, termasuk Taman Nasional Grand Canyon di Arizona, dan Taman Nasional Zion, Bryce Canyon, serta Arches di Utah.

Taman Nasional Joshua Tree di California Selatan berusaha menghindari penutupan sementara. NPS menggunakan dana pendapatan yang mereka peroleh dari tiket masuk untuk menyewa petugas kebersihan dan membuka kembali perkemahan dan jalur hiking.

Menara Bersejarah di gedung Kantor Pos Lama (The Old Post Office) di Washington, merupakan satu di antara sedikit atraksi untuk wisatawan milik pemerintah yang masih buka selama 'shutdown'.

Baca juga: Hari ke-12 Pemerintahan AS Tutup, Lokasi Wisata Terbaik Ikut Terimbas

Bangunan ini milik pemerintah, namun disewa oleh Hotel Trump International. Tiga penjaga taman memberi petunjuk bagi para pengunjung untuk menuju observation deck yang berada di puncak menara tersebut.

2. Museum dan Pusat-pusat Kebudayaan

Sebanyak 19 museum dan galeri yang dioperasikan oleh institusi Smithsonian, termasuk kebun binatang "The National Zoo" ditutup sejak 3 Januari 2019, termasuk Gedung Arsip Nasional, Arboretum, serta White House Visitor Center.

Pusat Seni Pertunjukan "The John F. Kennedy Center" tidak menggelar tur untuk wisatawan dan mengurangi jam buka mereka, namun pertunjukan-pertunjukan akan terus digelar di gedung tersebut.

3. Pengadilan Federal

Pengadilan federal yang mendapat pendanaan yang cukup, akan tetap beroperasi hingga 18 Januari. Setelah tanggal tersebut, proses hukum untuk kasus-kasus sipil akan dihentikan atau ditunda, namun kasus kriminal akan tetap diproses.

Pengadilan imigrasi sendiri tutup. Kasus-kasus imigrasi ditunda tanpa batas waktu.

4. Agen Federal

Badan Pengawas Pangan dan Obat-obatan (FDA) menghentikan inspeksi rutin, kecuali untuk daging dan unggas lokal. Badan ini juga menangguhkan sebagian besar kegiatan penelitian dan berhenti menerima aplikasi untuk persetujuan obat baru.

Badan Perlindungan Lingkungan merumahkan 95 persen karyawannya.

Baca juga: Kerja Tak Dibayar, Serikat Pegawai Federal Gugat Pemerintah AS

Kantor Urusan Pajak Amerika Serikat (IRS) merumahkan hampir semua karyawannya. Namun, pemerintahan Trump mengumumkan pekan ini bahwa IRS akan mengeluarkan uang pengembalian pembayaran pajak selama shutdown.

Badan Manajemen Darurat Federal meminta semua kontraktornya untuk berhenti bekerja.

Yayasan Sains Nasional berhenti meninjau semua proposal hibah dan aplikasi beasiswa pasca-doktoral.

Komisi Komunikasi Federal menangguhkan sebagian besar operasi, termasuk Pusat Pengaduan Konsumen.

Departemen Pertanian tidak akan merilis laporan panen domestik dan dunia. Badan ini masih akan menyediakan kupon bantuan makanan selama bulan Januari.

Program Makan Siang dan Sarapan Sekolah Nasional juga akan terganggu jika pemerintah tetap menutup operasinya hingga akhir Januari.

5. Gedung Putih

Mesin penjawab komentar publik Gedung Putih di nomer telepon (202) 456-1111 memberikan jawaban, "Kami akan segera menjawab telepon Anda, setelah pemerintah kembali beroperasi".

Baca juga: Daftar Penutupan Pemerintahan AS di Era Donald Trump

6. Transportasi

Badan penerbangan Federal menangguhkan semua sertifikasi keamanan pesawat dan pelaporan keselamatan dan sistem pengawasan.

Semua pelatihan pengendali lalu lintas udara dan pilot juga ditangguhkan.

Selain itu, proyek-proyek pembangunan jalan raya di seluruh negeri secara dramatis melambat, karena negara-negara bagian khawatir pendanaan federal untuk proyek-proyek jalan raya akan dihapuskan.

Badan Federal dan Layanan Masyarakat yang Tetap Buka

Departemen Urusan Veteran terus beroperasi dan melanjutkan layanan mereka.

Badan Urusan jaminan Sosial, Medicare and Medicaid tatap beroperasi, namun permohonan baru untuk memperoleh layanan Medicare dan Medicaid mungkin akan mengalami penundaan.

Kantor Layanan Pos tetap buka untuk melayani pengiriman pos.

Baca juga: Pemerintahan AS Tutup, Ini Dampaknya

Kantor Urusan Imigrasi dan Kewarganegaraan AS (USCIS), yang menangani proses naturalisasi dan kewarganegaran akan tetap terus beroperasi.

Petugas Badan Keamanan Transportasi (TSA) diangap “penting” dan diharapkan tetap bekerja tanpa memperoleh gaji. Beberapa karyawan TSA mulai mengajukan izin sakit yang berpotensi memicu 'kemacetan' di bandara.

Anggota militer yang masih aktif, tidak terdampak 'shutdown'.


Editor : Nathania Riris Michico