24 Orang Tewas dan Puluhan Lain Hilang akibat Badai Idai di Zimbabwe

Anton Suhartono ยท Sabtu, 16 Maret 2019 - 18:27 WIB
24 Orang Tewas dan Puluhan Lain Hilang akibat Badai Idai di Zimbabwe

Badai tropis Idai menerjang Zimbabwe dan Mozambiq menyebabkan sedikitnya 100 orang hilang dan tewas (Foto: AFP)

HARARE, iNews.id - Sedikitnya 24 orang tewas dan puluhan lainnya hilang di Zimbabwe, perbatasan dengan Mozambiq, akibat terjangan badai tropis Idai.

Kementerian informasi Zimbabwe, dalam cuitannya, sebagaimana dilaporkan kembali AFP, Sabtu (16/3/2019), menyatakan, sebanyak 24 korban tewas itu berasal dari daerah Chimanimani Timur. Dua di antara korban tewas merupakan pelajar. Sementara itu setidaknya 40 orang mengalami luka.

Terjangan badai merobohkan dan merusak ratusan rumah di Provinsi Manicaland. Sementara banjir yang disebabkan hujan deras menghanyutkan banyak jembatan di perbatasan dengan Mozambiq.

Sekelompok warga yang meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi terdampar di atas gunung menunggu untuk diselamatkan. Namun angin kencang menghambat penerbangan helikopter.

Sebelumnya, seorang anggota parlemen, Joshua Sacco, mengatakan, ribuan warga terkena dampak badai Idai karena rusaknya infrastruktur, tertutama jembatan. Belum lagi pemadaman listrik.

"Informasi yang kami miliki sejauh ini, lebih dari 100 orang hilang, dan sebagian dari mereka mungkin telah meninggal," kata Sacco.

Selain itu, setidaknya 25 rumah hancur akibat tanah longsor di Kota Ngangu, Chimanimani, dan menimbun penghuninya.

"Mereka bagian dari yang dilaporkan hilang," katanya.


Editor : Anton Suhartono