7 Rudalnya Ditembak Jatuh, Israel Gempur Target Iran di Suriah

Nathania Riris Michico ยท Senin, 21 Januari 2019 - 07:52 WIB
7 Rudalnya Ditembak Jatuh, Israel Gempur Target Iran di Suriah

Rekaman TV negara Suriah menunjukkan rudal Israel di langit wilayah Damaskus. (Foto: doc. BBC)

YERUSALEM, iNews.id - Militer Israel mengklaim pihaknya melakukan serangan terhadap target Iran di Suriah pada Senin (21/1/2019) pagi waktu setempat setelah mencegat roket yang ditembakkan dari wilayah Suriah beberapa jam sebelumnya.

Dilaporkan AFP, Senin (21/1/2019), dalam sebuah pernyataan, mereka menyatakan menyerang Pasukan Quds Pengawal Revolusi Iran di Suriah dan memperingatkan militer Suriah agar tidak berusaha merusak wilayah atau pasukan Israel.

Namun tidak ada rincian lebih lanjut soal penyerangan itu.

Pada Minggu kemarin, militer Israel menyatakan sistem pertahanan udara mencegat roket yang ditembakkan dari Suriah, setelah negara pimpinanan Bashar Al Assad itu menuduh Israel melakukan serangan udara di wilayah selatan negara itu.

Israel berjanji untuk menghentikan musuh utamanya, Iran, dari mengembangkan diri secara militer di negara tetangga Suriah.

Mereka melakukan ratusan serangan udara di sana terhadap apa yang dikatakan sebagai target militer Iran serta pengiriman senjata canggih ke Hizbullah yang didukung Iran, milisi Syiah Lebanon.

Israel sendiri jarang secara terbuka mengonfirmasi serangannya di Suriah.

Pesawat-pesawat tempurnya menghadapi tembakan anti-pesawat selama penyerangan tersebut. Militer Israel hanya mengatakan bahwa mereka mencegat roket yang ditembakkan di Dataran Tinggi Golan utara.

Sementara itu, kantor berita negara Suriah SANA, mengutip sebuah sumber militer, menyebut pertahanan udara Suriah mulai beraksi setelah Israel pada hari sebelumnya melancarkan serangan udara di selatan negara itu.

Sebelumnya, militer Rusia menyatakan, sistem pertahanan udara Suriah menangkis rentetan serangan empat pesawat jet tempur F-16 Israel. Menurut militer Rusia, sebanyak tujuh rudal dari jet-jet tempur rezim Zionis ditembak jatuh.

"Pertahanan udara Suriah menghancurkan tujuh rudal Israel, setelah empat pesawat militer F-16 (Israel) menembakkan roket ke wilayah Suriah."

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serbuan Israel terjadi sekitar pukul 13.32 siang waktu setempat pada hari Minggu waktu Damaskus.

"Empat jet tempur F-16 Israel terbang di atas Laut Mediterania ketika mereka meluncurkan rudal ke Suriah, yang menargetkan bandara internasional, barat daya Damaskus," kata para pejabat militer Moskow.


Editor : Nathania Riris Michico