8 Fosil Dinosaurus Berusia 220 Juta Tahun Ditemukan di Argentina

Anton Suhartono ยท Jumat, 19 April 2019 - 06:06:00 WIB
8 Fosil Dinosaurus Berusia 220 Juta Tahun Ditemukan di Argentina
Ilmuwan menemukan keranga dinosaurus di Argentina (Foto: AFP)

BUENOS AIRES, iNews.id - Tim ilmuwan menemukan beberapa fosil dinosaurus berusia 220 juta tahun di sebuah area luas di Argentina.

Ilmuwan Argentina Ricardo Martinez mengatakan, ada hampir 10 kerangka dinosaurus dalam berbagai ukuran yang ditemukan.

"Ada hampir 10 kerangka berbeda, ini adalah tulang, praktis tidak ada endapan. Ini sangat hebat," kata ahli paleontologi itu, dikutip dari AFP, Kamis (18/4/2019).

Dosen di Universitras San Juan itu menambahkan, ada tantangan yang dihadapi dalam mengungkap msiteri di balik fosil ini karena berusia 220 juta tahun. Kondisi kehidupan di era itu tak diketahui banyak.

"Penemuan ini dua kali lipat penting karena setidaknya ada tujuh atau delapan dicynodont, leluhur mamalia, dengan ukuran sebesar sapi," katanya.

Selain itu, lanjut dia, ada pula kerangka archosaurus, reptil yang merupakan nenek moyang buaya besar.

Sebenarnya situs fosil dinosaurus ini ditemukan pada September 2018 di provinsi San Juan, sekitar 1.100 kilometer dari ibu kota Buenos Aires, namun peneliti membutuhkan waktu untuk menggali banyak informasi dari lokasi itu sehingga baru diungkap pada Rabu (17/4/2019).

Situs ini berdiameter antara 1 hingga 2 meter dengan kedalaman yang sama satu sama lain. Para ilmuwan berspekulasi lubang itu merupakan kubangan air yang kering dan membunuh satwa-satwa tersebut saat terjadi kekeringan hebat.

Penemuan fosil dinosaurus di Argentina sudah beberapa kali terjadi. Hewan-hewan yang diungkap itu berasal dari era Triassic, Jurassic, dan Cretaceous, satwa yang tidak akan ditemukan di belahan bumi utara.

Editor : Anton Suhartono