8 Orang Tewas akibat Hantaman Tornado di Wilayah Selatan AS

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 16 April 2019 - 10:44 WIB
8 Orang Tewas akibat Hantaman Tornado di Wilayah Selatan AS

Seorang warga berjalan dia atas puing-puing rumahnya hancur di sepanjang Seely Drive di luar Hamilton. (Foto: AP / Jim Lytle)

AUSTIN, iNews.id - Badai yang memicu tornado dan banjir melanda beberapa wilayah di negara bagian selatan Amerika Serikat (AS). Akibatnya, setidaknya delapan orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Kematian dilaporkan terjadi di Mississippi, Texas, dan Louisiana. Beberapa dari mereka yang terluka tidak dapat diselamatkan selana berjam-jam karena banyaknya puing-puing yang menutupi jalan raya.

Dilaporkan BBC, Selasa (16/4/2019), pihak berwenang mengatakan, setidaknya 11 tornado menghantam tiga negara bagian sebelum badai mulai bergerak menuju Pantai Timur.

Peringatan tornado dikeluarkan pada Senin kemarin untuk wilayah Ohio, South Carolina, dan Virginia.

Di Pollok, Texas -sekitar 240 km sebelah tenggara Dallas- dua anak tewas ketika mobil keluarga yang mereka tumpangi tertimpa pohon pinus yang tumbang.

Menurut Kapten Alton Lenderman dari Kantor Sheriff Kabupaten Angelina, pohon itu menimpa mobil dengan amat kuat. Namun, orangtua dua bocah itu, yang duduk di bagian depan, tidak terluka.

Kedua anak itu berusia delapan dan tiga tahun.

Di Alto, Texas, satu orang tewas dan sekitar 20 lainnya terluka setelah tornado yang memporakporandakan sebuah acara budaya penduduk asli AS.

Wilayah Franklin, Texas, juga terdampak; di mana hampir 60 bangunan hancur. Pihak berwenang setempat juga mengatakan sekitar 55 rumah dan beberapa bangunan umum hancur.

Di Hamilton, Mississippi, puluhan rumah hancur dan kantor pemadam kebakaran wilayah setempat rusak parah.

"Kami mendapat serangan langsung," kata seorang petugas pemadam kebakaran melalui radio, seperti dilaporkan CNN.

"Stasiun pemadam kebakaran sudah hilang."

Di Monroe County, Mississippi, seorang pria berusia 95 tahun yang diidentifikasi sebagai Roy Ratliff, meninggal setelah pohon tumbang menimpa rumahnya.

Banjir bandang di Bawcomville, Louisiana, menyebabkan seorang anak lelaki berusia 13 tahun tewas. Dia ditemukan tenggelam di saluran drainase.

Di dekat Birmingham, Alabama, seorang pekerja juga tewas akibat tertabrak saat sedang membantu membersihkan pohon dari jalanan.

Pada Senin, badai bergerak ke timur dan menyebabkan penundaan perjalanan di New York, New Jersey, dan Pennsylvania. Kondisi berangin dan hujan juga diperkirakan melanda Boston.


Editor : Nathania Riris Michico