Alami Masalah Teknis, Malaysia Airlines Terlambat Mendarat di Adelaide

Nathania Riris Michico ยท Sabtu, 10 November 2018 - 11:39 WIB
Alami Masalah Teknis, Malaysia Airlines Terlambat Mendarat di Adelaide

Malaysia Airlines. (Foto: ABC News)

ADELAIDE, iNews.id - Pesawat Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur terlambat mendarat di Adelaide, Australia, pada Jumat (9/11/2018) pagi waktu setempat. Hal itu diduga disebabkan masalah teknis.

Penerbangan MH139 dijadwalkan mendarat di Bandara Adelaide antara pukul 07.30 dan 08.00. Namun, pesawat berputar-putar di atas Teluk St Vincent dan kemudian melewati pinggiran utara kota sebelum mendarat dengan selamat di bandara dengan keterlambatan lebih dari 20 menit.

Manajemen Bandar Udara Adelaide menyatakan, baik status siaga maupun darurat tidak diberlakukan, dan tidak jelas alasan penundaan tersebut.

Juru bicara Airservices Australia menyatakan, permintaan untuk berputar-putar diajukan oleh pilot, bukan petugas kontrol lalu lintas udara.

Salah satu penumpang mengaku diberitahu selama penerbangan bahwa ada masalah teknis, dan dia takut akan pengalaman itu.

"Kami berpikir 'apa yang terjadi?' Karena sudah siap untuk mendarat, pesawat akan turun, dan kemudian naik lagi," katanya.

"Setelah beberapa lama, kami diberitahu ada masalah teknis, tetapi kami panik. Mereka tidak memberi tahu kami sampai 20 menit setelah apa yang terjadi dan kemudian mereka mengatakan bahwa mereka tak bisa mendarat tepat waktu."

Penumpang melacak rute penerbangan, namun mereka menyebut rinciannya terus berubah.

"Kami bisa melihat di peta bahwa pesawat ini pergi ke wilayah Elizabeth lalu kembali dan berputar-putar di Bandara Adelaide tetapi tidak mencapai Bandara Adelaide," katanya.

"Saya bisa lihat satu menit lagi lalu 1 kilometer lagi dan kemudian itu berubah ke 14 menit dan berubah lagi beberapa menit lebih lama," ujar salah satu penumpang.

"Orang-orang tak banyak bereaksi tetapi saya pikir semua orang panik. Mereka berpura-pura tenang, padahal tidak."

Penumpang lain juga mengaku terkejut saat pesawat membatalkan pendaratannya.

"Saya bisa melihat Mount Lofty dan anda berpikir, 'baiklah kita telah melihat itu, kita akan mendarat.' Dan kemudian pesawat naik, atau begitulah tampaknya bagi saya," katanya.

"Kemudian pesawat berputar dalam lingkaran besar dan berupaya kedua kalinya untuk mendarat. Mereka mengatakan ada sedikit masalah teknis, saya pikir itu yang mereka katakan, dan mereka mencoba lagi untuk mendarat."

Hingga saat ini pihak Malaysia Airlines belum menanggapi insiden tersebut.


Editor : Nathania Riris Michico