Alarm Kebakaran Menara ATC Bandara Singapura Menyala, Puluhan Penerbangan Ditunda

Anton Suhartono · Kamis, 23 Januari 2020 - 10:10:00 WIB
Alarm Kebakaran Menara ATC Bandara Singapura Menyala, Puluhan Penerbangan Ditunda
59 penerbangan di Bandara Changi Singapura ditunda akibat alarm kebakaran aktif (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Puluhan penerbangan di Bandara Changi Singapura ditunda pada Kamis (23/1/2020) dini hari setelah alarm kebakaran di menara air traffic control (ATC) menyala.

Sesuai prosedur, semua petugas dievakuasi dari menara kontrol setelah alarm menyala, tak lama selepas tengah malam.

"Operasional penerbangan di Bandara Changi terganggu pada pukul 00.10 akibat evakuasi di Menara Kontrol. Menara harus dikosongkan karena sistem pemadam kebakaran aktif," kata direktur layanan lalu lintas udara, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura, Rosly Saad, dikutip dari The Straits Times.

Baca Juga: Lagi, Drone Bikin Penerbangan di Bandara Singapura Ditunda

Disebutkan, penerbangan kembali normal pada pukul 01.40 setelah Menara Kontrol Changi kembali beroperasi. Namun dia menyebut, layanan kontrol lalu lintas udara dilakukan dari posisi lain, tanpa menjelaskan secara rinci.

"Selama periode itu, 50 penerbangan keberangkatan ditunda 30 menit dan lebih serta sembilan kedatangan dialihkan," ujar Rosly.

Lebih lanjut Rosly mengungkap, insiden ini hanya kesalahan teknis karena tidak ada kebakaran.

"Tidak terjadi kebakaran. Penyelidikan soal penyebab aktifnya alarm masih berlangsung," tuturnya.

Baca Juga: Aturan Baru, Jangan Sampai Tertinggal Pesawat di Bandara Singapura

Berdasarkan laporan The Straits Times, penerbangan kedatangan dialihkan ke Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, dan Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Penumpang sempat menyampaikan keluhan mereka di media sosial. Pada umumnya mereka segera tak tahu penyebab penundaan kedatangan.

Chris Lian, seorang chef berusia 35 tahun yang hendak kembali ke Singapura dari Thailand, mengatakan, pesawatnya harus menunggu di landasan setelah mendarat.

Dia menunggu cukup lama sampai ada pemberitahuan mengenai insiden di Menara Kontrol Changi. Namun dia memaklumi karena keselamatan merupakan hal paling penting.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda