American Airlines Batalkan Penerbangan Boeing 737 Max hingga Agustus

Nathania Riris Michico ยท Senin, 15 April 2019 - 08:28 WIB
American Airlines Batalkan Penerbangan Boeing 737 Max hingga Agustus

Pesawat American Airlines. (FOTO: AFP)

NEW YORK, iNews.id - American Airlines mengumumkan membatalkan sekitar 115 penerbangan per hari dalam beberapa bulan mendatang. Keputusan ini diambil lantaran pesawat jenis Boeing 737 Max masih bakal dikandangkan hingga 19 Agustus.

Pembatalan itu mewakili 1,5 persem jumlah penerbangan di Amerika setiap hari pada musim panas.

Boeing menghadapi pengawasan ketat setelah 157 orang tewas dalam kecelakaan saat menumpang Ethiopian Airlines 737 Max pada 10 Maret. Tragedi itu menjadi kecelakaan mematikan kedua yang melibatkan pesawat jenis tersebut dalam lima bulan.

Armada pesawat 737 Max dilarang terbang secara global sejak pertengahan Maret.

"115 penerbangan ini mewakili sekitar 1,5 persen dari total musim panas Amerika," kata ketua dan CEO American Airlines,Doug Parker, seperti dilaporkan AFP, Senin (15/4/2019).

Namun, dia menekankan kepercayaannya pada 737 Max secara keseluruhan.

"Berdasarkan pekerjaan kami yang sedang berlangsung dengan Federal Aviation Administration (FAA) dan Boeing, kami akan yakin bahwa Max akan disertifikasi sebelum waktu ini (19 Agustus)," katanya.

"Kami berencana menyediakan layanan perjalanan yang lebih andal untuk musim puncak dan kami dapat merencanakan rencana perjalanan kami," tutur Parker.

"Setelah Max disertifikasi ulang, kami mengantisipasi membawa pesawat Max akan kembali sebagai cadangan untuk melengkapi operasi kami sesuai kebutuhan selama musim panas."

Boeing menargetkan untuk menyelesaikan perbaikan pesawat-pesawatnya selambat-lambatnya pada akhir April, dan perubahan yang dilakukan akan diinformasikan ke FAA dan regulator asing untuk mendapat persetujuan.

American Airlines memiliki 24 pesawat Boeing Max dan sebelumnya berencana membatalkan penerbangan jenis pesawat itu hingga awal Juni. Pejabat-pejabat maskapai penerbangan mengatakan, dengan perpanjangan pembatalan penerbangan hingga musim panas, mereka dapat merencanakan puncak musim libur secara lebih seksama.

Awal pekan ini, pesaing Southwest Airlines menyatakan akan mengoperasikan 34 pesawat dengan model yang sama mulai 5 Agustus.


Editor : Nathania Riris Michico