Anjing Liar Mondar Mandir di Landasan Pacu, Pesawat Batal Mendarat

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:14 WIB
Anjing Liar Mondar Mandir di Landasan Pacu, Pesawat Batal Mendarat

(Ilustrasi, Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Kehadiran beberapa anjing liar membuat otoritas sebuah bandara di India repot. Mereka masuk ke landasan pacu menyebabkan pesawat tak bisa mendarat.

Peristiwa ini terjadi di Bandara Internasional Dabolim, Goa, Selasa (13/8/2019) dini hari. Pilot Air India terpaksa membatalkan pendaratan di menit-menit terakhir karena melihat beberapa ekor anjing liar masuk runway.

Angkatan Laut India menyatakan, petugas air traffic control (ATC) tak menyadari kehadiran anjing-anjing itu karena peristiwa terjadi saat langit gelap.

"Pesawat AI 033 dari Mumbai, saat akan mendarat di Dabolim sekitar pukul 03.00 pada 13 Agustus, melapor kepada ATC mengenai keberadaan anjing di landasan pacu," demikian isi pernyataan AL India, dikutip dari KT, Rabu (14/8/2019).

Pesawat mendarat dengan selamat pada percobaan kedua meski memakan waktu cukup lama sampai menunggu hewan liar itu dihalau.

"Karena langit gelap, tidak ada anjing yang terlihat oleh petugas ATC dan pengendali landasan pacu."

Dabolim merupakan satu-satunya bandara di Negara Bagian Goa. Bandara beroperasi di Pangkalan Angkatan Laut India (INS Hansa) yang terletak dekat kota pelabuhan Vasco.

AL India juga mengatakan, upaya proaktif sedang dilakukan untuk mengurangi ancaman anjing liar di dekat landasan pacu.

"INS Hansa telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengurangi ancaman anjing di landasan pacu dengan mempekerjakan petugas pada siang hari untuk mengusir anjing dan burung. Selain itu, ada MoU telah ditandatangani dengan pemerintah negara bagian untuk mensterilkan dan memindahkan 200 ekor anjing dari sekitar landasan," bunyi pernyataan.


Editor : Anton Suhartono