Arab Saudi Tegaskan Belum Putuskan Apa pun soal Peserta Haji dari Luar Negeri

Anton Suhartono ยท Jumat, 07 Mei 2021 - 14:55:00 WIB
Arab Saudi Tegaskan Belum Putuskan Apa pun soal Peserta Haji dari Luar Negeri
Arab Saudi tegaskan belum memutuskan apa pun terkait pelaksanaan haji 2021 (Foto: SPA)

RIYADH, iNews.id - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menegaskan belum mengeluarkan keputusan apa pun soal pelaksanaan ibadah haji tahun ini, terkait kekhawatiran Covid-19.

Juru bicara kementerian Hisham Saeed mengatakan kepada Al Arabiya, Saudi ingin muslim dari seluruh dunia bisa mengikuti ibadah haji tahun ini, namun kesehatan dan keselamatan jemaah tetap menjadi perhatian.

Tahun lalu Saudi hanya mengadakan haji bagi jemaah lokal, baik warga Saudi maupun ekspatriat, yang jumlahnya tak lebih dari 10.000 orang.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdel Fattah Mashat sebelumnya mengatakan jemaah dari luar negeri bisa melakukan umrah sesuai dengan protokol kesehatan serta pencegahan virus corona.  Umrah dapat dilakukan dengan lebih dulu mendaftar di aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna. 

Dia menjelaskan, penerapan langkah-langkah serta kehati-hatian dalam pelaksanaan umrah akan menjadi modal bagi pelaksanaan haji.

Mashat juga meminta umat Islam di mana pun berhati-hati terhadap iklan dari lembaga apa pun yang mengklaim bisa mengupayakan izin umrah.

Editor : Anton Suhartono