AS Menarik Diri, Prancis Pastikan Kesepakatan Nuklir Iran Belum Mati

Anton Suhartono ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 16:42:00 WIB
AS Menarik Diri, Prancis Pastikan Kesepakatan Nuklir Iran Belum Mati
Trump menunjukkan dokumen mundurnya AS dari kesepakatan nuklir Iran (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id - Kesepakatan nuklir Iran yang diteken pada 2015 dipastikan belum mati. Sejauh ini, tiga dari lima negara yang menandatangani kesepakatan itu, berkomitmen untuk melanjutkan, meskipun tanpa Amerika Serikat (AS).

"Kami akan bertemu dengan Inggris dan Jerman pada Senin, juga dengan perwakilan Iran untuk mempertimbangkan semua situasi," kata Menlu Prancis Jean Yves Le Drian, kepada radio RTL, sebagaimana dilaporkan kembali oleh AFP, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, kata Le Drian, Presiden Emmanuel Macron akan berbincang dengan Presiden Iran Hassan Rouhani melalui telepon, Rabu sore waktu setempat.

"Harapan kami tetap pada kesepakatan. Iran perlu melanjutkan tekad untuk tetap dalam kesepakatan dengan imbalan keuntungan ekonomi yang akan dipertahankan oleh Eropa," ujarnya.

Rouhani mengaskan akan kembali melanjutkan pengayaan uranium tanpa batas. Namun sebelum itu dia akan berdialog dengan lima negara lain yang ikut meneken kesepakatan nuklir 2015, yakni Inggris, Prancis, Jerman, China, Rusia, ditambah Uni Eropa.

Menteri Perekonomian Prancis Bruno Le Maire mengatakan, keputusan AS menarik diri merupakan kesalahan, tak hanya bagi keamanan internasional tapi juga dari sisi ekonomi. Karena itu dampak dari keputusan ini harus disikapi dengan matang agar tidak berdampak luas, dari segi keamanan maupun ekonomi.

Editor : Anton Suhartono