AS Pertimbangkan Beri Suntikan Ketiga Vaksin Covid sebagai Dosis Penguat

Djairan · Jumat, 16 April 2021 - 13:16:00 WIB
AS Pertimbangkan Beri Suntikan Ketiga Vaksin Covid sebagai Dosis Penguat
Presiden AS Joe Biden disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 pada Desember lalu. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk memberikan suntikan ketiga vaksin Covid-19 kepada warganya sebagai dosis penguat. Suntikan ketiga kemungkinan dapat diberikan kepada penerima dalam jangka waktu 9-12 bulan.

Kepala sains untuk gugus tugas tanggap Covid-19 AS, David Kessler, mengonfirmasi pada Kamis (15/4/2021) waktu setempat bahwa dosis vaksin penguat tampaknya memang diperlukan. Pihaknya juga masih meneliti durasi kekebalan tubuh pada orang setelah yang sudah divaksinasi.

“Rencana awal untuk saat ini, mereka yang lebih rentan terpapar virus tentu harus didahulukan untuk dosis penguat ini,” kata Kessler pada pertemuan komite Kongres, dikutip Reuters, Jumat (16/4/2021).

Sementara CEO Pfizer, Albert Bourla mengatakan, orang-orang kemungkinan akan membutuhkan dosis penguat ketiga dari vaksin corona yang diproduksi perusahaannya dalam 12 bulan. Bahkan, kata dia, jika diperlukan akan ada suntikan tahunan.

Data awal menunjukkan, vaksin dari Moderna serta mitra Pfizer dan BioNTech diperkirakan dapat mempertahankan keefektifannya selama 6 bulan. Sekalipun perlindungannya lebih lama, para ahli mengatakan suntikan penguat rutin yang mirip dengan suntikan flu tahunan bisa saja diperlukan, mengingat varian virus corona menyebar dengan cepat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2