AS Tangkap Mahasiswa China atas Tuduhan Aktivitas Mata-Mata

Anton Suhartono · Rabu, 26 September 2018 - 10:54:00 WIB
AS Tangkap Mahasiswa China atas Tuduhan Aktivitas Mata-Mata
(Foto: AFP)

CHICAGO, iNews.id - Seorang pria China ditangkap di Chicago, Amerika Serikat, atas tuduhan aktivitas mata-mata, Selasa (25/9/2018).

Pria bernama Ji Chaoqun itu masuk AS menggunakan visa pelajar. Dia dituduh mencari informasi tentang delapan warga AS, beberapa di antaranya merupakan kontraktor alat pertahanan.

Mahasiswa jurusan teknik elektro sebuah kampus di Chicago itu dituntut dengan satu tuduhan menjadi agen pemerintah asing tanpa memberitahukan terlebih dulu kepada Kejaksaan Agung AS.

Menurut surat pengadilan, sebagaimana dikutip dari AFP, Rabu (26/9/2018), Ji bekerja berdasarkan arahan perwira intelijen tingkat tinggi di Kementerian Keamanan China. Kementerian itu bertugas menghimpun para intelijen dari kalangan sipil, bertanggung jawab atas kontra-intelijen dan intelijen asing, serta stabilitas politik.

Sementara itu, delapan orang yang diteliti Ji merupakan warga AS hasil naturalisasi, yakni kelahiran Taiwan dan China. Mereka masih bekerja dan sudah pensiun di bidang industri sains dan teknologi.

Surat pernyataan Pengadilan Federal yang diajukan penyelidik FBI untuk kasus spionase menyebut, di antara target tersebut merupakan seorang insinyur salah satu perusahaan pemasok mesin pesawat terbang komersial dan militer.

Semua informasi itu disampaikan Ji saat bertemu dengan agen FBI yang menyamar pada April dan Mei lalu. Dia menyebut tugasnya adalah mengumpulkan latar belakang para targetnya.

Editor : Anton Suhartono