AS Tarik Tentara di Irak Mulai Akhir September  

Umaya Khusniah · Sabtu, 18 September 2021 - 14:22:00 WIB
AS Tarik Tentara di Irak Mulai Akhir September  
Jumlah pasukan Amerika Serikat di Irak akan dikurangi mulai akhir September. (Foto: Reuters)

BAGHDAD, iNews.id - Jumlah pasukan Amerika Serikat (AS) di Irak akan dikurangi pada akhir September ini. Pasukan yang akan dikurangi berasal dari dua pangkalan militer AS yang ada di Irak. 

Tentara Irak menyatakan, keputusan itu dibuat dalam pertemuan komite militer gabungan di Baghdad, Kamis (16/9/2021). Pasukan yang dikurang berasal dari pangkalan militer AS di Provinsi Anbar barat dan Erbil Utara. 

Dilansir dari Anadolu, pernyataan itu juga menegaskan kembali, kehadiran AS dan pasukan asing di Irak didasarkan pada undangan pemerintah Irak.

Sebelumnya, pada bulan April, Pemerintah Washington dan Baghdad mengumumkan jika pasukan koalisi pimpinan AS telah mengalihkan fokus misi mereka dari pertempuran menjadi memberi nasihat dan melatih pasukan Irak atau diistilahkan non-perlawanan, mulai akhir tahun. 

Sebagai informasi, AS telah memimpin koalisi internasional sejak 2014 untuk memerangi kelompok teror Daesh/ISIS yang merebut hampir sepertiga wilayah Irak. Organisasi teroris itu dikalahkan oleh tentara Irak, dengan bantuan AS-koalisi pada tahun 2017.

Saat ini ada sekitar 3.000 pasukan koalisi dan 2.500 tentara AS yang berada di Irak.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: