Aung San Suu Kyi Akhirnya Muncul di Pengadilan

Anton Suhartono ยท Senin, 24 Mei 2021 - 13:44:00 WIB
Aung San Suu Kyi Akhirnya Muncul di Pengadilan
Aung San Suu Kyi saat hadir di sidang Pengadilan Internasional, Den Haag, Belanda, pada 2019 terkait kasus tuduhan genosida muslim Rohingya (Foto: AFP)

YANGON, iNews.id - Aung San Suu Kyi akhirnya muncul untuk pertama kali, Senin (24/5/2021), sejak kudeta militer yang menggulingkannya dari pemerintahan sipil Myanmar pada 1 Februari lalu.

Pengacara Thae Maung Maung mengatakan, perempuan 75 tahun itu hadiri dalam persidangan di pengadilan terkait kasus yang menjeratnya.

Menurut Maung, Suu Kyi tampak dalam kondisi sehat dan bertatap muka dengan tim kuasa hukumnya selama sekitar 30 menit sebelum sidang dimulai.

Dia termasuk dari 4.000 lebih orang yang ditahan pemerintahan junta militer sejak kudeta. Suu Kyi menghadapi beberapa dakwaan dari mulai kepemilikan walkie talkie ilegal, melanggar UU kesehatan terkait pengumpulan massa saat pandemi Covid-19, hingga melanggar undang-undang rahasia negara.

Sebelumnya, pemimpin sementara Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing memberi kabar soal penampilan perdana Suu Kyi di pengadilan.

"Aung San Suu Kyi dalam keadaan sehat. Dia ada di rumahnya dan sehat. Dia akan menghadapi persidangan di pengadilan dalam beberapa hari," katanya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2