Australia Diterjang Gelombang Panas, Suhu Nyaris 45 Derajat Celsius

Anton Suhartono ยท Minggu, 29 November 2020 - 10:21:00 WIB
Australia Diterjang Gelombang Panas, Suhu Nyaris 45 Derajat Celsius
Australia dilanda gelombang panas dengan suhu nyaris 45 derajat Celsius (Foto: AFP)

SYDNEY, iNews.id - Suhu panas menerjang sebagian wilayah Australia pada akhir pekan. Bahkan pada November ini Australia mencatat suhu tertinggi pada malam hari.

Suhu tinggi berlanjut pada Minggu (29/11/2020), memaksa otoritas mengeluarkan larangan bagi warga membuat api di tempat terbuka.

Catatan suhu di Sydney CBD melampaui 40 derajat Celcius pada Sabtu (28/11/2020). Sementara itu, suhu di sebagian wilayah New South Wales, Australia Selatan, serta Victoria, lebih panas lagi yakni mendekati 45 derajat Celsius, seperti dikutip dari Reuters.

Badan Meteorologi Australia memperkirakan suhu kembali menembus 40 derajat Celsius pada Minggu.

Gelombang panas juga diperkirakan berlangsung selama 5 hingga 6 hari di New South Wales bagian utara dan Queensland sebelah tenggara.

Dinas kebakaran New South Wales mengeluarkan larangan membuat api sebagian besar wilayah pada Minggu dengan alasan, perkiraan bahaya kebakaran berada di tingkat sangat tinggi dan parah. Kondisi diperburuk dengan angin kencang dan panas.

Operator Pasar Energi Australia (AEMO) menyatakan, tingginya suhu membuat kebutuhan energi di New South Wales meningkat pada Minggu sore.

Australia mengalami musim panas lebih parah dan lama pada tahun lalu. Perdana Menteri Scott Morrison menjulukinya dengan 'Black Summer' karena kebakaran hutan luar biasa berkepanjangan, menghanguskan hampir 12 juta hektare lahan, serta menewaskan 33 orang dan sekitar 1 miliar hewan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda