Austria Peringatkan Warganya Tak Ikut Tantangan Ciuman dengan Sapi

Anton Suhartono ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 08:24 WIB
Austria Peringatkan Warganya Tak Ikut Tantangan Ciuman dengan Sapi

Tantangan berciuman dengan sapi dibuat aplikasi Swiss Castl untuk penggalangan dana (Foto: Castl)

WINA, iNews.id - Pemerintah Austria memperingatkan warga untuk mengabaikan tantangan berciuaman dengan sapi yang marak di internet. Tantangan ini dibuat oleh aplikasi asal Swiss, Castl, sebagai upaya untuk menggalang dana amal.

Castl menggemakan tanda pagar (tagar) the #KuhKussChallenge atau "Cow Kiss Challenge" pada Rabu (15/5/2019), mengajak warganet di Swiss serta negara lain yang menggunakan bahasa Jerman untuk berciuman dengan sapi, dengan atau tanpa lidah.

Menteri Pertanian Austria Elisabeth Koestinger menyebut tantangan itu sebagai gangguan yang bisa membahayakan.

"Menggembala atau padang rumput itu bukan kebun binatang, tindakan seperti ini dapat menimbulkan dampak serius," ujarnya, seraya menjelaskan, sapi bisa menjadi agresif saat mempertahankan anak mereka, dikutip dari AFP, Jumat (17/5/2019).

Kegiatan pariwisata dan peternak merupakan topik sensitif di daerah pegunungan Austria, di mana kedua sektor itu menjadi pilar utama perekonomian daerah.

Pada Februari, pengadilan wilayah Tyrol menyebabkan kegemparan setelah memerintahkan seorang petani untuk membayar 490.000 euro sebagai kompensasi kepada pria yang diinjak-injak oleh kawanan sapi hingga tewas pada 2014.

Namun petani pemilik sapi mengajukan banding atas putusan itu dan didukung oleh asosiasi petani Austria.

Pemerintah telah berusaha mencegah insiden seperti itu dengan menerbitkan "kode etik" untuk pejalan kaki dan wisatawan serta menyarankan mereka untuk menghindari kawanan sapi sebisa mungkin.


Editor : Anton Suhartono