Azerbaijan Berharap Hubungan dengan Armenia Membaik Pascagencatan Senjata

Anton Suhartono ยท Minggu, 22 November 2020 - 15:55 WIB
Azerbaijan Berharap Hubungan dengan Armenia Membaik Pascagencatan Senjata

Ilham Aliyev (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev berharap gencatan senjata dengan Armenia yang mengakhiri perang selama 6 pekan akan mengarah pada peningkatan hubungan kedua negara.

Pernyataan itu disampaikan Aliyev saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanan (Menhan) Sergei Shoigu di Baku, Azerbaijan, Sabtu (21/11/2020).

Rusia merupakan mediator perjanjian damai yang diteken Azerbaijan dan Armenia pekan lalu. Hasil kesepakatan itu, Azerbaijan mendapatkan kembali wilayah cukup luas di Nagorno-Karabakh yang selama 30 tahun berada di bawah kendali pasukan separatis Armenia.

Sebagai tindak lanjut kesepakatan, Rusia mengirim hampir 2.000 pasukan penjaga perdamaian ke Nagorno-Karabakh.

“Saya berharap gencatan senjata saat ini serta rencana untuk menormalisasi hubungan dengan Armenia, jika dipandang positif oleh pihak Armenia, dapat menciptakan situasi baru di kawasan, kondisi kerja sama serta menguatkan stabilitas dan keamanan,” kata Aliyev, seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (22/11/2020).

Azerbaijan dan Armnia tidak memiliki hubungan diplomatik meskipun bertetangga, perbatasan keduanya telah ditutup sejak perang memperebutkan Nagorno-Karabakh yang berakhir pada 1994 di mana saat itu pasukan Armenia menguasai wilayah tersebut serta sebagian besar daerah sekitarnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua