Badan PBB Hapus Ganja dari Daftar Obat Paling Berbahaya di Dunia

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 03 Desember 2020 - 14:16:00 WIB
Badan PBB Hapus Ganja dari Daftar Obat Paling Berbahaya di Dunia
Ilustrasi tanaman ganja (Cannabis sativa). (Foto: Pixabay)

WINA, iNews.id – Komisi Narkotika PBB (CND) pada Rabu (2/12/2020) memutuskan untuk menghapus ganja (Cannabis sativa) dan resin ganja dari kategori obat paling berbahaya di dunia. Keputusan itu diperkirakan dapat berdampak pada industri ganja medis secara global.

AP melansir, badan PBB yang berbasis di Wina, Austria, itu mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan itu diambil berdasarkan suara mayoritas di CND. Dari 53 anggota komisi, 27 di antaranya menyatakan setuju untuk menghapus ganja dan resin ganja dari Daftar IV Konvensi 1961 tentang Narkotika. Sementara, 25 anggota CND menolak keputusan itu dan 1 lainnya abstain.

Daftar IV Konvensi 1961 tentang Narkotika berisi nama-nama zat yang dianggap sangat berbahaya. Selain ganja, dalam daftar itu juga terdapat heroin dan lain-lainnya.

Obat-obatan di dalam Daftar IV adalah bagian dari Daftar I—yang masuk dalam kategori obat-obatan yang memerlukan tingkat kontrol internasional tertinggi. CND memilih untuk mengeluarkan ganja dan resin ganja dalam daftar itu, di samping kokain dan opioid.

Selama masih masuk dalam daftar tersebut, negara-negara anggota tidak dapat dengan leluasa untuk melegalkan ganja di bawah sistem pengawasan obat internasional.

Editor : Ahmad Islamy Jamil