Balas Dendam, Rusia Usir Diplomat dari 4 Negara Sekaligus

Anton Suhartono ยท Rabu, 28 April 2021 - 20:41:00 WIB
Balas Dendam, Rusia Usir Diplomat dari 4 Negara Sekaligus
Rusia mengusir diplomat dari Lithuania, Estonia, Slovakia, dan Latvia terkait ledakan gudang amunisi Ceko pada 2014 (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia mengusir tujuh diplomat dari Slovakia, Lithuania, Latvia, dan Estonia, Rabu (28/4/2021). Ini merupakan pembalasan atas pengusiran diplomat Rusia terkait tuduhan Republik Ceko bahwa intelijen Negeri Beruang Merah terlibat dalam ledakan gudang amunisi pada 2014.

Rusia dan Ceko terlibat pertikaian terbesar sejak akhir era Komunis pada 1989, memicu serangkaian perselisihan diplomatik dengan negara-negara Uni Eropa dan NATO lainnya sebagai bentuk solidaritas.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia memberi waktu sepekan kepada tiga diplomat Slovakia, dua diplomat Lithuania, serta masing-masing satu perwakilan dari Latvia dan Estonia untuk meninggalkan negaranya, seperti dikutip dari Reuters.

Rusia menuduh keempat negara itu menunjukkan solidaritas semu terhadap Republik Ceko. Kedua negara itu sudah lebih dulu saling mengusir diplomat pekan lalu.

Sementara itu, Bulgaria menyatakan jaksa penuntut sedang mengumpulkan bukti tentang kemungkinan keterlibatan enam warga Rusia dalam empat ledakan gudang amunisi antara 2011 dan 2020. Amunisi yang meledak hendak diekspor ke Ukraina dan Georgia.

Rusia menolak keterlibatan warganya dalam ledakan di Bulgaria, sebagaimana disampaikan saat menolak tuduhan Ceko soal peristiwa pada 2014.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2