Bandara Changi Singapura Operasikan Terminal Berteknologi Canggih

Anton Suhartono · Selasa, 31 Oktober 2017 - 16:48:00 WIB
Bandara Changi Singapura Operasikan Terminal Berteknologi Canggih
Terminal 4 Bandara Changi Singapura mulai dioperasikan (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id - Bandara Changi Singapura mengoperasikan terminal baru yang dilengkapi dengan teknologi canggih, Selasa (31/10/2017). Di antara teknologi yang diterapkan adalah sistem check in otomatis, pemindai wajah, serta penyimpanan bagasi yang sudah menggunakan komputerisasi. Para penumpang masih bingung dengan teknologi baru di terminal 4 ini.

Tidak tanggung-tanggung, Singapura menggelontorkan dana 985 juta dolar Singapura atau sekira Rp9,6 triliun untuk membangun terminal mewah ini. Setiap tahun, Terminal 4 Bandara Changi mampu menampung 16 juta penumpang.

Kapasitas penumpang akan ditingkatkan seiring bertambahnya penerbangan dari dan menuju terminal tersebut, apalagi Changi merupakan salah satu bandara penghubung di Asia.

Dengan sistem check in otomatis, penumpang tidak perlu berbicara dengan petugas bandara lagi saat check in dan boarding. Lebih dari 100 penumpang tujuan Hong Kong merupakan rombongan pertama yang merasakan terminal canggih ini pada Selasa pagi. Kebanyakan dari mereka masih bingung dengan sistem ini sehingga terpaksa memanggil petugas bandara untuk meminta bantuan.

"Saya kira ini orang-orang membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan sistem ini," kata Loh K Ling, seorang penumpang, sebagaimana dikutip dari AFP.

Kendala serupa dialami para penumpang saat melakukan pemindaian wajah. Mereka masih memerlukan bantuan petugas.

Bandara Changi merupakan bandara penghubung di Asia, selain Hong Kong dan Dubai.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda