Bandara Nepal Ditutup Usai Pesawat Tergelincir Keluar Landasan dan Lukai 2 Orang

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 15:47 WIB
Bandara Nepal Ditutup Usai Pesawat Tergelincir Keluar Landasan dan Lukai 2 Orang

Yeti Airlines ATR 72-500, yang tiba di Kathmandu dari Nepal selatan dengan 66 penumpang, tergelincir sekitar 15 meter ke rumput. (FOTO: AP FILE)

KATHMANDU, iNews.id - Satu-satunya bandara internasional Nepal ditutup pada Jumat (12/7/2019), setelah sebuah pesawat tergelincir dari landasan pacu yang baru saja diperbaiki. Insiden ini dilaporkan melukai dua orang.

Nepal diketahui memiliki catatan keselamatan penerbangan yang buruk, bahkan maskapai penerbangan Nepal dilarang melintas di wilayah udara Uni Eropa. Landasan pacunya terkenal sulit untuk menjadi lokasi pendaratan pesawat.

Yeti Airlines ATR 72-500 tiba di Kathmandu dari Nepal selatan dengan 66 penumpang. Pesawat itu tergelincir sekitar 15 meter ke rumput.

"Tim kami bekerja untuk memindahkan pesawat dan membuka kembali bandara," kata manajer umum bandara, Raj Kumar Chettri, kepada AFP.

Chettri mengatakan, pemindahan pesawat turboprop buatan Franco-Italia itu memakan waktu lama karena hujan lebat membuat daerah itu berlumpur.

Pihak berwenang membutuhkan waktu 11 jam untuk mengeluarkan pesawat domestik yang mengalami perjalanan yang sama pada September tahun lalu itu.

Pada Maret 2018, sebuah pesawat AS-Bangla Airways jatuh di dekat bandara, menewaskan 51 orang.


Editor : Nathania Riris Michico