Bandara Wuhan Buka Penerbangan Internasional Pertama Setelah 7 Bulan Tutup

Anton Suhartono ยท Kamis, 17 September 2020 - 14:34 WIB
Bandara Wuhan Buka Penerbangan Internasional Pertama Setelah 7 Bulan Tutup

Bandara Tianhe, Wuhan, membuka kembali penerbangan internasional pertama setelah 7 bukan tutup akibat wabah Covid-19 (Foto: AFP)

WUHAN, iNews.id - Aktivitas di pusat wabah virus corona Kota Wuhan, China, berangsur normal. Bahkan ibu kota Provinsi Hubei itu sudah membuka penerbangan internasional pertamanya, Rabu (16/7/2020), setelah ditutup 7 bulan lalu.

Pendaratan pertama penerbangan internasional berlangsung pada Rabu pukul 10.48 waktu setempat, dikutip dari Xinhua, Kamis (17/9/2020).

Pesawat T'way Airlines dengan nomor penerbangan TW615 mendarat di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, menandai dimulainya kembali rute udara penumpang reguler kedua kota.

Sesuai protokol kesehatan, seluruh penumpang yakni 60 orang yang ikut dalam penerbangan dipindahkan ke hotel yang telah disiapkan untuk menjalani observasi medis dan karantina selama 14 hari. Sebelumnya mereka menjalani pemeriksaan suhu tubuh, tes epidemiologi, darah, dan asam nukleat di bandara.

Menurut operator bandara Hubei Airports Group Company, rute perjalanan Seoul-Wuhan selama 3 jam beroperasi setiap Rabu menggunakan pesawat Boeing B737-800.

Pejabat dinas perhubungan Wuhan kata Li Yizhuo mengatakan, dimulainya kembali rute penerbangan Wuhan-Seoul menunjukkan pencapaian antiepidemi masyarakat Wuhan dan Provinsi Hubei. Ini juga akan membantu Wuhan untuk menggeliat kembali.

Sejauh ini Bandara Internasional Tianhe telah membuka rute penumpang menuju 73 tujuan domestik, dengan sekitar 500 penerbangan keluar dan masuk setiap hari.

Penerbangan pesawat komersial domestik telah pulih yakni di atas 90 persen dilihat dari periode yang sama tahun lalu.

Editor : Anton Suhartono