Bangunan 3 Lantai di India Ambruk Tewaskan 10 Orang, 25 Lainnya Masih Tertimbun

Anton Suhartono ยท Senin, 21 September 2020 - 12:57 WIB
Bangunan 3 Lantai di India Ambruk Tewaskan  10 Orang, 25 Lainnya Masih Tertimbun

Bangunan ambruk di Kota Bhiwandi, India, menewaskan 10 orang (Foto: AFP)

BHIWANDI, iNews.id - Sedikitnya 10 orang tewas akibat bangunan tempat tinggal setinggi 3 lantai di Kota Bhiwandi, India, ambruk, Senin (21/9/2020). Diperkirakan 25 orang masih terjebak di reruntuhan bangunan.

Pihak berwenang menyatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.40 waktu setempat saat para penghuni sedang terlelap tidur.

"Sepuluh orang tewas, kami sudah menyelamatkan 11 orang hidup-hidup," kata seorang pejabat otoritas Thane, dikutip dari AFP.

Lebih dari 40 petugas layanan darurat tiba di tempat kejadian tak lama setelah menerima laporan, kata pejabat itu, 30 di antaranya dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF).

Direktur Jenderal NDRF Satya Narayan Pradhan dalam cuitannya mengatakan, tim yang didukung dengan alat berat, alat khusus, serta anjing pelacak berusaha menyelamatkan sekitar 20-25 orang yang dikhawatirkan terjebak.

Tayangan di akun Twitter resmi NDRF menunjukkan petugas darurat menyisir puing-puing beton serta batu bata untuk mencari para korban.

Belum diketahui penyebab kecelakaan, namun kejadian bangunan ambruk sering terjadi di India selama musim hujan yakni antara Juni dan September. Pemicunya struktur bangunan sudah tua dan konstruksinya terlalu lemah sehingga tak tahan dengan guyuran hujan.

Editor : Anton Suhartono