Bentrok Antarsuku Pecah, 8 Orang Termasuk Perempuan dan Anak Tewas Dibunuh Orang Tak Dikenal 

Umaya Khusniah · Sabtu, 23 April 2022 - 22:30:00 WIB
Bentrok Antarsuku Pecah, 8 Orang Termasuk Perempuan dan Anak Tewas Dibunuh Orang Tak Dikenal 
Kekerasan suku antara orang Arab dan non-Arab pecah di wilayah Darfur, Sudan. (Foto: Reuters)

KAIRO, iNews.id- Kekerasan suku antara orang Arab dan non-Arab pecah di wilayah Darfur, Sudan. Akibat perang itu, sedikitnya delapan orang termasuk seorang wanita dan anak tewas

Juru bicara Badan Koordinasi Umum untuk Pengungsi dan Pengungsi di Darfur, Adam Regal, pada Sabtu (23/4/2022) mengatakan, bentrokan meletus di sekitar daerah Kreinik di Provinsi Darfur Barat, Kamis (21/4/2022).  Penyerang tak dikenal membunuh dua orang. 

Hari berikutnya, milisi yang dikenal sebagai janjaweed menyerang sebuah kamp pengungsi di selatan Kreinik. Mereka membakar lusinan rumah dan memaksa banyak orang mengungsi.

"Kekerasan, yang berlangsung hingga Jumat malam, juga melukai 16 lainnya, termasuk tiga dalam kondisi kritis," katanya.

Wilayah Darfur di Sudan telah menyaksikan bentrokan mematikan antara suku-suku yang bersaing dalam beberapa bulan terakhir. Negara itu telah terperosok dalam krisis yang lebih luas setelah kudeta tahun lalu, ketika para jenderal tinggi menggulingkan pemerintah yang dipimpin sipil.

Pada bulan Desember, bentrokan suku di Kreinik menewaskan 88 orang. Baru-baru ini, sedikitnya 45 orang tewas dalam kekerasan antarkomunal di Provinsi Darfur Selatan.

Konflik Darfur selama bertahun-tahun pecah ketika pemberontak dari komunitas etnis tengah dan sub-Sahara Afrika melancarkan pemberontakan pada 2003. Mereka mengeluhkan penindasan oleh pemerintah yang didominasi Arab di ibu kota, Khartoum.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda