Bentrokan Militer India dan Pakistan di Kashmir Tewaskan 5 Orang

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 09:16 WIB
Bentrokan Militer India dan Pakistan di Kashmir Tewaskan 5 Orang

Tentara Pakistan memantau pasukan India di dekat perbatasan Pakistan-India. (Foto: AFP)

SRINAGAR, iNews.id - Bentrokan pecah di perbatasan antara India dan Pakistan, Kamis (14/8/2019). Pertempuran terjadi di garis yang disebut Garis Kontrol (LoC).

Dilaporkan AFP, para pejabat di bagian Kashmir yang diperintah oleh Pakistan menyatakan bahwa tiga tentara tewas akibat tembakan India, dan dua lainnya tewas dalam insiden terpisah.

Militer Pakistan juga mengklaim tembakan balasannya menewaskan lima tentara India. Namun juru bicara militer India, kepada Press Trust of India, membantah klaim itu.

Seorang pejabat militer India lainnya mengatakan, pasukan Pakistan menembakkan mortir dan senjata kecil ke seberang perbatasan.

Bentrokan terjadi ketika para diplomat mengatakan kepada AFP bahwa Dewan Keamanan PBB akan membahas langkah India yang mencabut status otonomi Kashmir. Pertemuan itu dijadwalkan digelar pada Jumat (16/8/2019).

Pakistan awal pekan ini secara resmi meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan rapat darurat untuk mengatasi situasi tersebut.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi memuji langkahnya mencabut status Kashmir dalam pidato perayaan Hari Kemerdekaan.


Editor : Nathania Riris Michico